oleh

Pemerintah Mesir Minta Perempuan Tunda Kehamilan

BERITA9, JAKARTA – Dimasa pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda dunia, membuat Pemerintah Mesir mengeluarkan maklumat supaya perempuan diwilayahnya untuk menunda kehamilan. Alasannya, kehamilan dapat melemahkan sistem imun.

Kementerian Kesehatan Mesir menjelaskan kaitan virus corona dengan penggumpalan darah yang dapat mempengaruhi plasenta dan nutrisi pada janin.

“Penggunaan kontrasepsi dapat dipakai untuk sementara mencegah kehamilan,” papar pernyataan pemerintah Mesir yang menyarankan berbagai cara yang mudah diakses dan murah.

Namun, pernyataan itu mendapat kritik tajam dari pelbagai pihak. Para pengkritik menyatakan peringatan itu seharusnya dikeluarkan lebih awal dan pemerintah sekali lagi lambat dalam memberikan panduan.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi juga dikritik karena menginvestasikan uang dan upaya di ibu kota pemerintahan baru yang sedang dibangun di tepi Laut Merah, dan bukannya mengalokasikan sumber daya untuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

Kurangnya tempat tidur di rumah sakit memaksa beberapa rumah sakit tutup karena sudah kelebihan kapasitas.

Serikat pekerja medis memperingatkan sistem layanan kesehatan di negara itu hampir runtuh dan meminta otoritas meningkatkan langkah untuk melindungi para dokter.

Malangnya, para pengkritik pemerintah dalam penanganan virus corona itu banyak yang ditahan dan hilang. Kasus Covid-19 di Mesir telah mencapai angka 50.000 kasus positif pada bulan ini dengan 2.800 orang meninggal.

Para pejabat yakin jumlah kasus sebenarnya tujuh kali lebih banyak dibandingkan data resmi pemerintah. (red)

loading...

News Feed