Seratusan Tukik Jenis Penyu Sisik Dilepas di Pantai Merak, TN Baluran Situbondo

  • Bagikan

BERITA9. SITUBONDO – Seratusan ekor tukik jenis penyu sisik (Erretmochelys Imbricata), dilepas petugas Taman Nasional (TN) Baluran bersama 45 siswa dan warga di Pantai Bilik Resort Labuhan Merak, SPTN Wilayah II Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (8/1/2022).

Pelepas liaran hewan dilindungi yang disaksikan pelajar dan warga bertujuan untuk mengenalkan penyu dan daur hidupnya. Selain itu meningkatkan budaya cinta alam dan satwa liar pada masyarakat khususnya kawasan TN Baluran.

Pengembalian penyu tersebut sebagai bukti ikut melestarikan sebagai spesies dilindungi agar tidak punah, tetap ada di Taman Nasional Baluran.

Kegiatan itu dilaksanakan pukul 17.00 WIB, dihadiri siswa dan siswi SDN 01 Sumberwaru fillial Merak, 30 orang warga Labuhan Merak, serta 10 orang pegawai Balai Taman Nasional Baluran.

Lukman Hidayat, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II (KSPTNW) Karang Tekok, mengatakan, ratusan tukik tersebut yang dirilis berasal dari penetasan semi alami Resort Bama.

Lebih lanjut, dilepas dengan melibatkan Siswa serta Warga sekitar, dengan tujuan. Mengenalkan penyu dan daur hidupnya kepada warga, serta anak  sekolah.

“Selain itu meningkatkan budaya cinta alam dan satwa liar pada masyarakat khususnya dikawasan Taman Nasional Baluran,” ucap Lukman. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *