oleh

PT Multi Timur Jaya Abadi, Lakukan Sosialisasi Cegah Kebakaran Pada ASN & Prajurit Puslatpurmar 5 Situbondo

BERITA9, SITUBONDO – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam penggunaan tabung gas LPG. Ketua Marketing PT. Multi Timur Jaya Abadi Distributor, service, surveyor produk – produk LPG kompor gas, memberikan sosialisai kepada seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran di gedung Balai Prajurit (Bapra) Puslatpurmar 5 Baluran. Situbondo, Jawa Timur Selasa (28/7/2020).

Kegiatan sosialisai yang di laksanakan setelah apel pagi tersebut, bertujuan memberikan wawasan terkait dengan penanganan bahaya kebakaran yang di sebabkan gas elpiji dan cara penggunaan tabung gas elpiji sesuai dengan prosedur yang benar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Marketing dari PT. Multi Timur Jaya Abadi Eko Juniawan, menyampaikan akan pentingnya merawat dalam penggunaan tabung gas LPG yang baik sesuai dengan prosedur yang benar. Usahakan dalam menggunakan regulator dan komponen yang lain, sebaiknya memiliki standart SNI.

“Pastikan regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG dapat terpasang dengan benar, tekanan yang ideal pada kompor harus berada pada posisi low pressure. Sehingga bisa menghindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung, agar dapat terhindar dari resiko meledaknya tabung gas LPG tersebut,” Terangnya  

Ketua Marketing, wilayah jawa Timur ini Menganjurkan, agar kita selalu memperhatikan kondisi selang, apakah retak atau tidak. Selalu memeriksa untuk memastikan antara hubungan selang karet saluran gas pada kompor dan regulator sudah tersambung sempurna, guna mencegah terjadinya kebocoran,” tambahnya. 

Selain memberikan cara pemasangan regulator yang benar, Prajurit dan ASN Puslatpurmar 5 Baluran juga diajarkan cara mengatasi atau memadamkan api saat terjadi kebakaran pada tabung gas LPG. Apabila mendapati tabung gas di dapur mengalami kebocoran, jangan panik dan jangan lari ataupun menyiram dengan air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor. Cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung gas LPG, maka api akan mati dengan sendirinya,” Jelasnya. 

Sementara itu, saat di temui di ruang kerjanya. Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi mengatakan, sangat mengapresiasi kepada PT. Multi Timur Jaya Abadi. Dengan diadakannya, penyuluhan dan pemberian materi tentang cara penggunaan tabung gas LPG yang benar dan aman di Puslatpurmar 5 Baluran ini. 

“Diharapkan dengan materi yang telah di berikan kepada seluruh Prajurit dan ASN Puslatpurmar 5 Baluran, dapat dipahami dan dimengerti tentang tata cara prosedur penggunaan tabung gas LPG secara benar dan aman. Sehingga tidak terjadi kecelakaan (accident),  baik di lingkungan kedinasan maupun di rumah tangga,” tegas Danpuslatpur 5 Baluran.

Turut hadir dalam acara, Kapten Mar Imam Safi’i (Pasiminlog), Kapten Mar Jaka Kurniawan (Dansatdemlat), Lettu Mar Sudi Hartono (Kasipam), Lettu Mar Anton Suprapto (Dantonma) Puslatpurmar 5 Baluran. (red)


Reporter :Sutikno

loading...

News Feed