Memprihatinkan! Kondisi Tangkis Laut Pantai Mimbo Situbondo, Dimana Pemda?

  • Bagikan
Kondisi tangkis laut di pantai Mimbo, Banyuputih, Situbondo yang nyaris ambruk. (Foto: Sutikno/BERITA9)

BERITA9. SITUBONDO – Bangunan tangkis laut pesisir pantai Mimbo Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo nyaris tidak berbentuk. Bangunan dalam kondisi rusak berat. Terlihat di sana sini lubang besar menganga sepanjang bangunan itu.

Pantauan berita9.net Sabtu (27/11/2021) sepanjang bangunan dibibir pantai material batu muka nyaris tidak melekat pada bangunan. Runtuhnya bangunan itu, diakibatkan hantaman ombak, serta diduga digarap asal jadi.

Warga disepanjang bantaran pantai berharap kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo agar segera memperbaiki diperbaiki, sebab proyek produk tahun 2018 tersebut sudah tidak menjanjikan keamanan bagi warga pesisir, artinya sudah jenuh dengan kerusakan rumah dan dapur akibat hantaman ombak besar.

“Saya berharap adanya pemecah ombak atau perbaikan tangkis laut ini, setiap musim hujan dan ombak besar disertai angin, disini sering terjadi kerusakan,” ungkap Budi warga nelayan setempat kepada berita9.net, Sabtu (27/11/2021).

Trauma itu dirasakan setiap musim hujan oleh warga pesisir Mimbo, ombak besar disertai angin kencang. Banhkan banjir rob sudah seperti langganan bagi warga setempat. Gegara itu, tidak sedikit perahu nelayan pecah atau hancur, rumah serta dapur rusak.

Keterangan lain, warga sudah jenuh dengan bantuan sembako setiap kejadian, ia hanya berharap agar ada perhatian dari pemerintah berupa perbaikan perbaikan disepanjang bibir pantai. Selain bantuan itu, warga juga berharap, agar nantinya bisa dikerjakan dengan baik, tidak bertahan seumur jagung.

Saat dikonfirmasi berita9.net Kepala Desa Sumberanyar H. Suharto, mengatakan, pihaknya memberikan perhatian khusus untuk tangkis laut.

“Pemdes sudah mengajukan perbaikan ke Dinas terkait, informasinya sudah di survey, Insya Allah hari senin saya akan berkirim surat lagi,” kata Suharto, Sabtu (27/11/2021).

Saat tim liputan media ini berada dilokasi pada pukul 11.46 WIB, kondisi terkini tangkis laut dari ujung timur hingga barat, kondisinya semakin memprihatinkan. Keadaan diperparah dengan tumpukan sampah sepanjang garis pantai dan menjulang tinggi. (*)

  • Bagikan