oleh

Lagi, Lahan Tebu di Situbondo Habis Terbakar

BERITA9. SITUBONDO – Lahan tebu kembali dikabarkan terbakar di persawahan Dusun Sokparse RT 003 RW 008 Desa Wringin Anom Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Ahad (28/6/ 2020), terbakar sekitar pukul 10.50 WIB.

Lahan tebu milik lmam Pujianto (63), sebanyak tujuh petak dilalap api, diduga kebakaran berasal dari sisa tebangan yang dibakar tidak jauh dari lahan miliknya.

Kencangnya tiupan angin mengakibatkan, kobaran api merembet ke lahan tebu yang belum ditebang, untuk penyebab pastinya kebakaran tersebut dan masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian.

Api berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Situbondo yang disiagakan diwilayah Asembagus tiba dilokasi dan langsung melakukan pemadaman.

“Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditafsir mencapai 10 juta rupiah,” begitu yang disampaikan Puriyono petugas BPBD Kabupaten Situbondo.

Sebelumnya, dua hektar lahan tebu milik lima petani, habis terbakar si jago merah. Lokasi kebakaran berada di Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten. Situbondo, sekira pukul 14.45 WIB, Selasa (23/6/2020).

Pwtugas Damkar daei Pemkab Situbondo memadamkan api yang membakar lahan tebu di Desa Wringin Anom Kecamatan Asembagus. (Foto: Sutikno/BERITA9)

Akibatnya, lima petani tebu masing-masing atas nama, Niatun, Miadi, Yanto, Ma’i dan Fidik mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Puryono, mengatakan, petugas agak kesulitan memadamkan api dikarenakan lahan yang luas dan berada ditempat terbuka. (red)

loading...

News Feed