oleh

Derasnya Hujan Sebabkan Banjir Dijalan Pantura Baluran Situbondo

BERITA9, SITUBONDO – Arus lalu lintas (Lalin) Jalan Provinsi, Pantura Hutan Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur Macet dikarenakan banjir. Air mengalir dari Aliran Curah Rukem, hingga menutup badan jalan. Rabu (30/12/2020).

Intensitas curah hujan tinggi dan lama, kerap terjadi di pantura hutan  Baluran, khususnya di KM. 249 Arah Surabaya, membuat jalan licin serta sering terjadi banjir menggenangi badan jalan.

Luapan air kebadan jalan terjadi pada pukul 12.00 Wib setelah sebelumnya area Hutan Baluran diguyur hujan beberapa jam.
Tidak ada korban jiwa serta materi akibat banjir tersebut, namun sempat membuat antrian panjang kendaraan selama banjir berlangsung, Kejadian luapan air mengakibatkan kemacetan Lalu lintas.

Tidak sedikit pengendara roda empat dan roda dua, mencoba menerobos derasnya arus banjir, sekalipun sudah mendapat teguran dari petugas dan sejumlah relawan Baluran, agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Menurut Bripda Denies Firmansyah, Anggota Satlantas 90.5 Baluran Polsek Banyuputih Polres Situbondo, hanya berlangsung beberapa menit dan saat ini arus lalu lintas Pantura Hutan Taman Nasional Baluran kembali lancar.

“Banjir dari luapan aliran sungai, hanya beberapa saat saja, arus lalu lintas sempat macet, untuk saat ini sudah kembali lancar, dan air sudah surut,” Kata Bripda Denies.

Meluapnya air dari Curah rukem mengalir ke sungai waduk Bajulmati, dengan ketinggian kurang lebih 40 Cm, disebabkan pembuangan air atau Draenase terlalu kecil, tidak mampu menampung debit air, mengakibatkan luapan air kejalan raya. Air berhasil surut dengan cepat setelah hujan redah dan sebagian mengalir ke Waduk Bajulmati.

Kapolsek Banyuputih. AKP. Heru Purwanto. SH, Kapolsek Banyuputih menghimbau kepada para pengguna jalan, agar tetap warspada dan berhati hati saat melintasi Pantura Hutan Baluran.

“Hujan deras sering terjadi di pantura Baluran, sering terjadi banjir, membuat jalan licin, dan pohon pohon tumbang, untuk itu lebih warpada dan berhati hati dijalan,” kata Kapolsek Banyuputih. (red).


Reporter. Sutikno.

loading...

News Feed