oleh

Bupati Situbondo Resmikan KMP Munggiyango Hulola Di Pelabuhan Jangkar

BERITA9. SITUBONDO – Pelepasan Perdana KMP mungiyango Hulalo lintas GT 1631 penyebrangan Jangkar – Pulau Madura di Resmikan Bupati Situbondo. Rabu (15/7/2020).

Peresmian digelar sejak pukul 09.05 Wib di dalam Deg Fery KMP munggiyango Hulalo yang bersandar di Pelabuhan Jangkar.

Direksi ASDP diwakili Senior GM regional III. Dadang Wijanarko, sebelumnya menyampaikan permohonan maaf, direktur tidak bisa hadir karena kesibukannya di Jakarta.

“Arti dari kapal Munggiyango Hulalo adalah Hiu bulan, saat ini kita dalam masa pandemik covid – 19 sehingga pas kehadirannya, Dan ini merupakan hasil kerjasama dengan kadishub Kabupaten Situbondo,” kata Dadang Wijanarko.

Lebih lanjut. Dishub harus punya kapal sendiri dan alhamdulillah terwujud, Ia berharap, semoga kapal tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal, kapal yang diberikan negara untuk dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kepentingan Masyarakat Situbondo, dan pelayanan mengedepankan social distencing dengan pengaman dan dukungan dari semua pihak.

Sementar itu, Kabid Laut dan LLASDP. Saifuddin, juga menyampaikan. Indonesia dari SDM mempunyai potensi kekayaan besar yang merupakan negara maritim tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Ini menjadi tantangan bagi kita guna mengeksplor kekayaan laut yang ada di Jawa Timur dengan baik, karunia besar dalam bentuk geografis harus kita sikapi bijak potensinya, terutama disektor tranportasi, hal ini perlu kebijakan khusus untuk pelaksanaanya. secara khusus pemerintah meluncurkan perintis melalui dana APBN melalui operator ASDP tujuan jangkar – Kalianget dan Kangean

Ucapan terima kasih kepada pihak kementrian,  ASDP dan jajarannya atas realisasi keperintisan antar pulau di madura dan Situbondo

“Semoga kegiatan ini mempunyai manfaat besar bagi masyarakat kedua pulau meningkatkan perekonomian, kami ucapkan selamat datang KMP munggiyango Hulalo selamat melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protocol Covid – 19 dalam pelaksanaanya,” ucap Saifuddin.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto mengatakan, Pemkab akan terus berupaya keras mewujudkan aspirasi rakyat. Dengan dukungan semua pihak, hadirnya kapal perintis opersional transportasi laut, tidak menutup kemungkinan akan hadirnya kapal kapal lain, sehingga akan mendukung perekonomian masyarakat.

Situbondo, lanjut Dadang, tidak bisa dipisahkan dari kepulauan yang ada di Madura, baik itu kultur budaya terutama pendidikan di pesantren.

Kepulauan yang ada di Madura banyak yang menyerahkan pendidikannya ke Situbondo, begitupun kultur budayanya tidak jauh berbeda, seperti peringatan maulid nabi di pesantren yang ada di Situbondo mereka hadir dan biasanya saat akan pulang mereka membeli barang dari kabupaten Situbondo untuk dibawa ke pulau madura.

“Sehingga dengan hadirnya fery KMP Munggiyango Hulalo, bisa mempermudah dan meningkatkan perekonomian khususnya yang ada diwilayah Kabupaten Situbondo,” pungkas Bupati Situbondo.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Situbondo, dilanjutkan pemecahan kendi sebagai momentum peresmian KMP Munggiyango Hulalo. (*)

Laporan Biro Situbondo: Sutikno

loading...

News Feed