oleh

Tiga Tahun Berturut – Turut, Kota Probolinggo Raih WTP

BERITA9, PROBOLINGGO – Kota Probolinggo, Jawa Timur, kembali meraih predikat terbaik dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam tiga tahun berturut turut.

Hal itu di raih atas audit laporan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Timur, Jumat (19/06/20) siang.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada BPK RI perwakilan Jawa Timur, saat menerima penghargaan langsung WTP atas audit laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui pemeriksaan interim dan terinci.

Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, pun siap melakukan langkah-langkah perbaikan yang sesuai yang diberikan oleh BPK Perwakilan Jawa Timur.

 Usai menerima dokumen hasil pemeriksaan tersebut Habib Hadi menyampaikan terima kasihnya. Alhamdulillah dalam kepemimpinan saya bersama wakil berhasil mempertahankan opini WTP. Ini berkat kerja keras semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sehingga hasil pemeriksaan dari BPK RI berjalan sesuai harapan, ”katanya.

  Lebih lanjut Habib Hadi, juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua penyusun laporan yang sudah bekerja keras dengan baik. “Mendukung dinamika penyelenggaraan pemerintahan yang terus berproses untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, tentu saja hasil pemeriksaan ini harus ditindaklanjuti demi perbaikan ke depan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Agus Setyono, menyatakan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKP) yang telah diaudit oleh BPK memberikan pendapat tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini dalam pemeriksaan tersebut merupakan pernyataan profesional pemeriksa.

 Dalam sambutannya kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Agus Setyono, menyampaikan, Kami berharap dapat terus melanjutkan masa depan yang akan datang. Kami berharap pemerintah daerah serius menindaklanjuti baik itu sistem pengendalian internal dan pelaksanaan perundangan yang disampaikan dalam capaian hasil pemeriksaan”,ujarnya. 

 Ia menambahkan, BPK masih menemukan masalah namun tidak mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan. 60 hari setelah laporan hasil penerimaan diterima.

Seperti diketahui, Penerimaan hasil penerimaan LPKP TA 2019 siang itu, Pemkot Probolinggo bersamaan dengan Pemkab Banyuwangi. Turut mendampingi Wali Kota Habib Hadi, Ketua DPRD Abdul Mujib, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, Inspektur Tartib Gunawan dan Plt Kepala BPPKAD Heri Astuti. (red)


Laporan Biro Probolinggo: Joko Andi S.

loading...

News Feed