oleh

Gub Jatim Apresiasi Puluhan Kampung Tangguh Semeru di Kota Probolinggo

BERITA9, PROBOLINGGO – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Kota Probolinggo, Rabu (17/06/2020).

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah yang didampingi oleh Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota Mohammad Soufis Subri,Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, dan juga Dandim 0820 Letkol Inf Kav Imam Wibowo. serta Forkopimda.

Sebelum melihat Kampung Tangguh Semeru yang berada  di Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, terlebih dulu Khofifah transit di kantor Walikota Probolinggo.

Dalam sambutannya Kofifah Indar Parawansa, menyampaikan,”Saya melihat inovasinya kaya sekali. Tidak hanya menyiapkan bagaimana upaya mendisiplinkan masyarakat pada saat Pandemi Covid-19.

Tetapi juga menyiapkan UKM-nya yaitu layanan ekonomi seiring dengan inovasi- inovasi yang menyertakan seluruh energi positif di daerah ini,” katanya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, seperti adanya musik, saya rasa indah sekali. Ada dapur umum yang menyajikan ikan panggang,”jelasnya.

Ia melanjutkan, bila di luar Kampung Tangguh Semeru di Probolinggo ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

“Kampung Tangguh Semeru tidak hanya sekedar untuk Pandemi Covid-19, tetapi menyediakan ketika menghadapi new normal dan keberlanjutan kehidupan masyarakat dengan solidaritas dan kohesivitas sosial yang bisa dibangun ketahanannya di lini paling bawah yaitu RT dan RW,” ungkapnya.

“Bahkan kami saat menggelar rakor dengan Presiden tiga hari yang lalu bersama BPKP. Salah satu role model yang dibangun untuk ketahanan masyarakat di Jatim ada Kampung Tangguh Semeru dan sudah menjadi role model nasional,” imbuhnya.

Khofifah juga sangat mengapresiasi Kampung Tangguh Semeru termasuk Kampung Benteng. Bahkan dirinya juga memberikan apresiasiasi kepada salah satu pengurus Kampung Tangguh dengan sejumlah uang Rp 10 juta.

Khofifah, juga menambahkan, dengan adanya wisata Gunung Bromo, yang sudah masuk pariwisata nasional. Ini akan menjadi pembicaraan yang indah dikalangan wisata di Indonesia ataupun wisatawan manca Negara,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, yang turut mendampingi Gubernur Jawa Timur,  mengatakan bahwa keberhasilan penanganan Covid-19 di Kota Probolinggo, merupakan kerja keras dan doa bersama masyarakat Kota Probolinggo.

“Walau pun kita berhasil dalam penanganan Covid-19, saya berharap kita tetap mawas diri dan tidak lalai meski saat ini pasien positif Corona di Kota Probolinggo sembuh semua,” katanya.

Seperti diketahui Kota Probolinggo, saat ini telah terdapat 30 Kampung Tanggung Semeru yang tersebar di 29 Kelurahan dan di 5 Kecamatan se Kota Probolinggo.(red)

Laporan Biro Probolinggo:Joko Andi S.

loading...

News Feed