Adanya 4 Paspor Ganda, JPKP Menduga Ada Kongkalikong Antara Oknum Imigrasi & Calo 

  • Bagikan
Keterangan foto: Ilustrasi.

BERITA9, BANYUWANGI – Tim Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Jawa Timur (Jatim) sedang mendalami dugaan  keterlibatan biro jasa (Calo) dalam pembuatan paspor 4 Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang diduga di berangkatkan ke negara timur tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Siswanto, SE, SH ketua JPKP Jawa Timur kepada awak media. Rabu, (27/4/2022).

“Tim JPKP sedang mendalami dugaan keterlibatan biro jasa (Calo) dalam pembuatan paspor ganda milik 4 TKW,”ucap Siswanto.

Seperti diketahui munculnya 4 Paspor ganda TKW, baru baru ini sontak membuat geger warga masyarakat.  DPW JPKP Jatim telah mendapatkan temuan adanya dugaan paspor ganda 4 TKW yang berinisial WI, SK, TK, dan YSES. 

Paspor ganda tersebut diduga dikeluarkan oleh Imigrasi Kabupaten Kediri. Sebelumnya ke empat TKW tersebut telah memiliki dan terigrester di Imigrasi Jember.

“Kami sangat menyakini jika munculnya Paspor ganda tersebut ada permainan antara pihak Imigrasi dan juga biro jasa atau Calo,” tambah Siswanto yang juga berprofesi sebagai Pengacara di Bumi Blambangan.

Dalam kejadian ini Siswanto berharap agar Aparat Penegak Hukum (APH) segera membongkar sindikat Calo dilingkungan Imigrasi. 

“Paspor ganda ini telah melanggar aturan dan melanggar hukum. APH harus segera turun tangan,” ungkapnya.

Bahkan, Siswanto mengaku, selain akan berkirim surat pengaduan ke Mapolda Jatim, dirinya juga mengancam akan berkirim surat ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jakarta. 

“Selain akan berkirim surat pengaduan ke Mapolda, kita juga akan berkirim surat ke Kemenkumham di Jakarta,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan