Warga Glenmore Soroti Pengerukan Tanah di PTPN XII Kalirejo

  • Bagikan
Lokasi pengerukan tanah di Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi. (Foto: Joko/Berita9).

BERITA9, BANYUWANGI – Pengerukan tanah yang terjadi diwilayah Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, pada Senin, 21 Maret 2022 terus mendapat sorotan warga setempat.

Sorotan tersebut kali ini datang dari Herwan, warga asal Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Ia mengaku jika pengerukan tanah di PTPN XII Kalirejo, Glenmore tersebut adalah melanggar aturan.

“Menurut kami ini adalah sebuah pelanggaran,”ucap Herwan, kepada wartawan. Selasa, (29/3/2022).

Kepada awak media, Herwan mengatakan pengerukan tanah menggunakan truk dan dibawa keluar area wilayah perkebunan itu harus jelas dan harus ada ijinya.

Kenapa harus begitu, kata Herwan, semua itu harus dilakukan guna menetralisir anggapan negatif dari masyarakat sekitar. Apalagi pengerukan tanah tersebut menggunakan alat berat dan dibawa keluar menggunakan dum truk.

“Pihak PTPN XII Kalirejo atau Industri Gula Glenmore (IGG) harus menjelaskan kepada masyarakat kenapa tanah tersebut dikeruk dan di bawa keluar. Jangan sampai masyarakat mengira bahwa dilokasi tersebut ada tambang galian C,” ungkap Herwan.

Herwan menambahkan, dalam persoalan ini pihak PTPN XII Kalirejo menyebut jika kegiatan tersebut dilakukan oleh Guntur SDM IGG, lha ini malah salah kaprah. Terus kapasitas IGG di wilayah PTPN XII itu sebagai apa. 

“Wilayah yang dikeruk tanahnya tersebut kan berada di naungan PTPN XII. Kok bisa pihak IGG yang melakukan kegiatan pengerukan tanah dan di bawa keluar dari area perkebunan,” paparnya.

Namun sayang dalam persoalan ini beberapa awak media tidak bisa mengkonfirmasi Guntur SDM IGG lantaran nomer wartawan diblokir.

Diberitakan sebelumnya, Kepada awak media, Benny Hendricianto, Manager kebun PTPN XII Kalirejo mengaku jika pengerukan tanah  tersebut dilakukan oleh pihak Industri Gula Glenmore (IGG).

“Info dari pak Andik Sidomukti, pak Guntur IGG, minta tanah urukan ke pak askep Ali,” katanya. Melalui whatsapnya. Jum,at (25/3/2022).

Menurut Benny, tanah uruk tersebut pengambilannya dilokasi pak Andik. 2 rit pakai kendaraan IGG untuk bantuan ponpes.

“Lokasi diwilayah Pak Andik, diambil 2 rit untuk bantuan di Pondok Pesantren (Ponpes),” ungkapnya.

Sebelumnya KD warga setempat juga membenarkan jika ada pengerukan tanah diwilayah Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore.

“Iya benar mas, ada aktifitas pengerukan tanah diwilayah Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Kata KD, pengerukan dan pengambilan tanah tersebut terjadi pada Senin, 21 Maret 2022 yang lalu. Tanah tersebut dikeruk menggunakan alat berat dan di muat Truk di bawa keluar dari area perkebunan. Namun demikian KD mengaku tidak mengetahui tanah urug tersebut di bawa kemana.

“Kalau masalah tanah urug di bawa kemana, kita tidak tahu menahu mas,” ungkapnya.

Sementara Andi, Asisten Tanaman (Astan) atau Sinder, Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo saat dikonfirmasi soal pengerukan tanah tersebut mengaku tidak tahu menahu dengan kegiatan tersebut. Bahkan Astan Sidodadi tersebut meminta wartawan untuk langsung menanyakan kepada pak Guntur SDM nya IGG.

“Coba pean langsung tanya ke pak guntur SDM nya IGG,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ali, Asisten Kebun (Askeb) PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Saat dikonfirmasi soal kegiatan pengerukan tanah tersebut juga meminta wartawan langsung menanyakan ke Guntur IGG.

“Bapak bisa langsung ke Pak Guntur IGG,” jawabnya singkat. Jum,at, (25/3/2022).

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan