Walimurid SMANDA Singojuruh Banyuwangi Keluhkan  Penarikan Uang Pembangunan & PSM

  • Bagikan
Kwitansi pembayaran uang pembangunan SMAN Darussholah, Singojuruh, Banyuwangi.(Foto: Berita9).

BERITA9, BANYUWANGI – Walimurid SMAN Darussholah (SMANDA) Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, keluhkan penarikan biaya dilingkungan sekolah setempat.

Keluhan wali murid tersebut menyusul adanya dugaan beberapa tarikan  dana yang dianggap memberatkan kepada walimurid pada tahun ajaran 2021.

Sekolah yang tersohor dengan nama SMANDA tersebut diduga telah membebani walimurid dengan beberapa pungutan dengan nominal yang cukup fantastik. Ada uang pembangunan dan juga ada dana Peran Serta Masyarakat (PSM).

Untuk uang pembangunan SMANDA Singojuruh, Banyuwangi membandrol RP 1 Juta Rupiah. Sedangkan untuk dana PSM, sekolah yang berada di Desa Gumirih, itu mematok harga rata rata ratusan ribu rupiah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh SL, salah satu wali murid SMANDA kepada beberapa awak media pada Sabtu, (15/5/2022).

“Iya memang benar kita walimurid dibebani beberapa tarikan biaya yang cukup lumayan,” kata SL sambil menunjukan kwitansi pembayaran uang gedung dan PSM.

Kepada wartawan SL bersama walimurid lainya mengeluh dan mengaku keberatan lantaran melambungnya biaya sekolah yang ditentukan oleh SMANDA Singojuruh. Namun demikian dirinya juga mengaku tidak bisa berbuat apa apa karena sudah menjadi keputusan pihak sekolah.

“Jadi, kami walimurid tidak bisa merasakan program sekolah gratis seperti yang di gaung gaungkan oleh pemerintah. Nyatanya kami masih membayar mahal,” ujar SL yang diamini oleh walimurid yang lain.

Sementara Drs Sudiwinoto, Kepala Sekolah (Kepsek) SMANDA Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, saat dikonfirmasi soal penarikan dana di lingkungan sekolahnya ia enggan berkomentar. Pertanyaan wartawan soal adanya penarikan dana melalui sambungan whatsapnya hanya di baca saja namun tidak ia balas. 

Atas kejadian ini sebagian masyarakat berharap agar aparat penegak hukum turun kelapangan guna menyelidiki tarikan dana yang dilakukan oleh SMANDA Singojuruh, tujuanya adalah guna memastikan apakah yang dilakukan oleh SMANDA tersenut melanggar hukum atau tidak.(*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan