Tim Rescue PT BSI Dinobatkan Sebagai The Best Team Spirit di IFRC Ke -19

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Kabar gembira datang dari tim Rescue PT Bumi Suksesindo (PT BSI) Banyuwangi, Jawa Timur. Pasalnya Emergency Response Team (ERT) perusahaan tambang emas tersebut meraih prestasi  dalam kesiapsiagaan bencana diajang Indonesian Fire & Rescue Challenge ke -19.

Atas prestasi yang dicapai, Tim Rescue anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, tersebut dinobatkan sebagai The Best Team Spirit diajang Indonesian Fire & Rescue Challenge ke -19, yang digelar di beberapa tempat di Kabupaten Banyuwangi.

Catatan positif dari anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut diumumkan dimalam Closing Ceremony IFRC ke-19, yang digelar di Gesibu Blambangan, Selasa malam (22/11/2022).

Dalam event bergengsi yang diikuti oleh 24 tim rescue perusahaan pertambangan Se Indonesia ini, PT BSI juga berhasil menyabet posisi juara harapan 1 dari dua Challenge. Yakni Challenge High Angel Rescue (HAR) dan Hazmat Spill Response (HSR).

Sementara itu, PT Merdeka Copper Gold Tbk, selaku induk perusahaan PT BSI, dinobatkan sebagai The Best Team Performance IFRC ke-19. Tak hanya itu, ERT PT Merdeka Copper Gold Tbk juga memboyong juara harapan 1 Challenge Road Accident Rescue & Mass Casualty Response (RAR & MCR). Serta juara harapan 3 untuk Challenge Firefighter Competency Test (FCT).

Tampil sebagai juara umum IFRC ke-19, diraih oleh PT Putra Perkasa Abadi. Diikuti oleh PT Berau Coal dan PT Adaro Indonesia, untuk posisi juara umum kedua dan ketiga.

Malam puncak penutupan IFRC ke-19 ini dihadiri oleh Direktur Teknik Lingkungan Mineral dan Batubara (Kepala Inspektur Tambang), Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementrian ESDM), Sunindyo Suryo Herdadi, ST, MT. Ketua Dewan Pengawas Perhimpunan Profesi Tanggap Darurat Pertambangan dan Energi Indonesia (Pertapindo), yang merupakan reorganisasi dari BOD IFRC, Ir Muhammad Hendrasto, M Sc.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Dr Nurkholis, S Sos, M Si, CIPA, CIHCM. Direktur Utama PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri, Direktur PT BSI, Riyadi Effendy, Pjs Kepala Teknik Tambang PT BSI, Luke D Morris dan Deputy General Manager of Operations PT BSI, Roelly Franza. Termasuk para Assesor, manager dan anggota ERT serta perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Kepala Inspektur Tambang, Kementrian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, ST, MT, mengaku sangat mengapresiasi perjuangan 24 tim rescue perusahaan pertambangan Se Indonesia yang menjadi peserta IFRC ke-19. Menurutnya, IFRC bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel ERT dengan belajar dari tim lain. Dia juga menyebut bahwa kesiapsiagaan dan ketanggap bencanaan merupakan hal penting bagi perusahaan pertambangan. Paling utama adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personil ERT yang bertujuan melindungi kehidupan karyawan, menangani insiden, serta melindungi aset perusahaan.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, dan bagi yang belum mendapatkan juara, terus berlatih keras, karena dengan latihan keterampilan akan terus meningkat,” katanya.

Direktur Utama PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri menyampaikan syukur mendalam atas kesuksesan pelaksanaan IFRC ke-19. Sebagai tuan rumah kegiatan, dia juga mengaku senang ajang perlombaan tim rescue perusahaan pertambangan Se Indonesia, terbukti mampu memberi kontribusi positif untuk Banyuwangi. Salah satunya dalam mendorong tumbuh kembang sektor pariwisata daerah.

“Awalnya IFRC ke-19 hanya akan kami laksanakan didalam site PT BSI. Namun melihat jumlah peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, maka kami melihat itu adalah peluang untuk turut mempromosikan sektor pariwisata Banyuwangi,” ucapnya.

Akhirnya, lanjut Adi, diputuskan perlombaan digelar diempat venue yang merupakan tempat ikonik di Bumi Blambangan. Meliputi, site PT BSI, Pantai Pulau Merah, Pantai Marina Boom Banyuwangi dan Gedung Wanita.

Dan Alhamdulillah, ketika Challenge digelar di Pantai Pulau Merah, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, pelaku UMKM, pemilik homestay hingga masyarakat lokal banyak mendapatkan manfaat dalam peningkatan penghasilan. Begitu pula ketika perlombaan digeser ke wilayah Banyuwangi Kota, pada Jumat, 18 November 2022. Mulai dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif sampai hotel berbintang ikut menuai berkah.

Sementara itu, Dewan Pengawas Pertapindo, Ir Muhammad Hendrasto, M Sc, memuji pelaksanaan IFRC ke-19 di Banyuwangi. Dia menilai, meski PT BSI selaku tuan rumah baru beberapa kali mengikuti event IFRC, namun mulai persiapan hingga pelaksanaan bisa berjalan sukses.

“PT BSI memiliki semangat dan tekad yang luar biasa. Dan yang lebih penting lagi, IFRC di Banyuwangi, bisa berbaur dengan masyarakat. Ini sangat positif,” cetusnya.

IFRC, masih Hendrasto, pada dasarnya sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Khususnya untuk bisa memahami tentang pentingnya kesiap siagaan bencana.

Disini, Pertapindo juga memuji dukungan Pemkab Banyuwangi, terhadap kesuksesan kegiatan. Hal ini dinilai sangat vital mengingat bencana adalah sebuah kejadian yang harus ditanggung bersama.

“Kita membangun tim tanggap darurat yang siap kapan pun diterjunkan dan itu semua mendapat support dari semuanya,” cetusnya.

Untuk diketahui, IFRC ke-19 digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, sejak tanggal 14 – 23 November 2022. Menjadi tuan rumah adalah PT BSI, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, yang beroperasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Selama mengikuti perlombaan, 24 tim rescue perusahaan pertambangan Se Indonesia, diharuskan menyelesaikan delapan cabang Challenge. Yaitu Structural Firefighting (SFF), Road Accident Rescue & Mass Casualty Response (RAR & MCR), High Angle Rescue (HAR), Hazmat Spill Response (HSR), Confined Space Rescue (CSR), Firefighter Competency Test (FCT), Water Rescue (WTR), dan Firefighter Fitness Drill (FFD).

Dimalam puncak penutupan IFRC ke-19 ini juga dilakukan penyerahan bendera Pataka IFRC kepada pihak PT Borneo Indobara, selaku tuan rumah IFRC ke-20 tahun 2023 mendatang.

Berikut ini adalah daftar pemenang IFRC ke-19 : 

Challenge Structural Firefighting (SFF)

– Juara 1 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 2 : PT Antareja Mahada Makmur.

– Juara 3 : PT Adaro Indonesia.

– Juara Harapan 1 : PT Vale Indonesia.

– Juara Harapan 2 : PT Pama Persada Nusantara.

– Juara Harapan 3 : PT Multi Harapan Utama.

Challenge Road Accident Rescue & Mass Casualty Response (RAR & MCR)

– Juara 1 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 2 : PT Pertamina Hulu Energi.

– Juara 3 : PT Maruwai Coal (Adaro Mineral Indonesia).

– Juara Harapan 1 : PT Merdeka Copper Gold Tbk.

– Juara Harapan 2 : PT Arutmin Indonesia.

– Juara Harapan 3 : PT Bukit Asam Tbk.

Challenge High Angel Rescue (HAR)

– Juara 1 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 2 : PT Berau Coal.

– Juara 3 : PT Antareja Mahada Makmur.

– Juara Harapan 1 : PT Bumi Suksesindo.

– Juara Harapan 2 : PT Agincourt Resources.

– Juara Harapan 3 : PT Kalimantan Prima Persada.

Challenge Hazmat Spill Response (HSR)

– Juara 1 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 2 : PT Borneo Indobara.

– Juara 3 : PT Kalimantan Prima Coal.

– Juara Harapan 1 : PT Bumi Suksesindo.

– Juara Harapan 2 : PT Tunas Inti Abadi.

– Juara Harapan 3 : PT Agincourt Resources.

Challenge Confined Space Rescue (CSR)

– Juara 1 : PT Adaro Indonesia.

– Juara 2 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 3 : PT Pertamina Hulu Energi.

– Juara Harapan 1 : PT Semen Padang.

– Juara Harapan 2 : PT Mandiri Inti Perkasa.

– Juara Harapan 3 : PT Multi Harapan Utama.

Challenge Firefighter Competency Test (FCT)

– Juara 1 : PT Berau Coal.

– Juara 2 : PT Kaltim Prima Coal.

– Juara 3 : PT Borneo Indobara.

– Juara Harapan 1 : PT Bukit Asam Tbk.

– Juara Harapan 2 : PT Antam Tbk.

– Juara Harapan 3 : PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Challenge Water Rescue (WTR)

– Juara 1 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 2 : PT Bukit Makmur Mandiri Utama.

– Juara 3 : PT Adaro Indonesia.

– Juara Harapan 1 : PT Pama Persada Nusantara.

– Juara Harapan 2 : PT Hasnur Riung Sinergi.

– Juara Harapan 3 : PT Meares Soputan Mining.

Challenge Firefighter Fitness Drill (FFD)

– Juara 1 : PT Berau Coal.

– Juara 2 : PT Putra Perkasa Abadi.

– Juara 3 : PT Bukit makmur.

– Juara Harapan 1 : PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstream.

– Juara Harapan 2 : PT Adaro Indonesia.

– Juara Harapan 3 : PT Vale Indonesia.

OVER ALL WINNER

1. PT Putra Perkasa Abadi.

2. PT Berau Coal.

3. PT Adaro Indonesia.

THE BEST CAPTAIN TEAM

– Hendrik, PT Putra Perkasa Abadi.

THE BEST TEAM PERFORMANCE

– PT Merdeka Copper Gold Tbk.

THE BEST TEAM SPIRIT

– PT Bumi Suksesindo.

THE BEST TEAM IMPROVMENT

– PT Putra Perkasa Abadi. (*)

Penulis: Joko Prasetyo.Editor: HWI.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.