Tebu Milik PTPN XII Mengering Dilahan, Warga Sebut Negara Jelas Merugi

  • Bagikan
Kondisi tebu yang tidak diangkut dipetak 16 Pegubaru, Afdeling Pegondangan, Kalitelepak Banyuwangi. (Foto:Joko/Berita9).

BERITA9, BANYUWANGI – Ramainya kabar soal tebu milik PTPN XII diwilayah Petak 16 Pegubaru, Afdeling Pegondangan, Kalitelepak yang mengering dilahan karena tidak diangkut ke PT Industri Gula Glenmore (PT IGG), warga Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menduga Managment Tebang Muat Angkutan (TMA) tebu PTPN XII kurang hati -hati dan ceroboh.

Pernyataan tersebut lontarkan oleh Muhamad Toha, salah satu warga Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur, kepada wartawan. Kamis, (11/8/2022).

“Dengan kejadian tebu tidak diangkut ke PT IGG menurut kami Management TMA PTPN XII sangat ceroboh,”kata Muhamad Toha.

Menurut pria yang akrab disapa Toha ini, akibat management TMA tebu PTPN XII yang kurang profesional mengakibatkan  kerugian negara dan tentunya kerugian  rakyat karena tebu  yang tidak terangkut hingga mengering dilahan. 

“Gimana mau mendukung swasembada gula dan mendukung program Pemerintah atau Presiden kalau sistem pengelolaan tidak dikelola dengan sistemmatis dan benar,” ungkap Toha.

Masih kata Toha, beberapa hari yang lalu, tebu di wilayah Kaliringin, Kalikempit, tidak terangkut dengan alasan hujan hingga truk tidak bisa masuk. Dan ini kembali terjadi di wilayah Sekarbaru, Afdeling Pegondangan, Kalitelepak.

“Apakah dengan kejadian ini perusahaan milik BUMN tersebut tidak dirugikan,”pungkas Toha.

Seperti diketahui, seluas satu hektar lebih tebu milik PTPN XII di petak 16 Pegubaru, Afdeling Pegondangan, Kalitelepak tidak diangkut. Akibatnya tebu tersebut mengering dilahan. Kejadian yang sama juga terjadi beberapa hari yang lalu diwilayah Kaliringin, Kalikempit. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan