Tebu Milik PTPN XII di Banyuwangi Tak Diangkut Hingga Mengering. Ada Apa Yaa

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Tebu milik PTPN XII di diwilayah Kaliringin, PTPN XII Kalikempit, Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur tidak diangkut. Hal tersebut sontak menimbulkan perhatian warga setempat.

Akibat tak diangkat ke PT Industri Gula Glenmore (PT IGG) tebu milik PTPN XII Kalikempit tersebut rusak hingga mengering.

“Beberapa hari yang lalu kami melihat tebu milik PTPN XII hingga hampir dua Minggu tidak diangkut,” ujar TM warga setempat kepada awak media. Kamis, (28/7/2022).

Pria yang enggan disebutkan namanya tersebut juga menuturkan, setelah  hampir dua Minggu tidak diangkat tebunya menjadi kering dan tidak bisa diproduksi.

Bahkan, kata TM, kabarnya tebu itu diangkut menggunakan truk fuso dan dibawa ke kebun Kalitelepak. Ada yang bilang tebu itu di buang. Namun pastinya gimana kita tidak tahu.

” Ada kabar tebu itu dibuang menggunakan truk ke wilayah kebun Kalitelepak,”jelas TM.

Dengan kejadian ini sebagian warga Glenmore, Banyuwangi sempat kebingungan. Pasalnya ahir – ahir ini kabarnya PT IGG tidak bisa giling dengan maksimal lantaran kekurangan pasokan bahan baku. 

“PT IGG kabarnya kekurangan bahan baku, namun kok tebu  itu tidak diangkat ke PT IGG. Ini ada apa ?,”tambah TM.

Sementara Hastudy Winarko, Manager Tebu PTPN XII Kalitelepak, Banyuwangi saat dikonfirmasi membenarkan soal tebu yang tidak diangkut tersebut.

“Tebu tidak terangkut karena medan yang tidak bisa dimasuki kendaraan karena hujan deras, berakibat mutu tebu tidak bisa menjadi bahan olah di PG IGG,” ucapnya melalui sambungan whatsapnya. Jum,at, (29/7/2022).

Kepada awak media Hastudy Winarko mengungkap, sebagai tindak lanjut kami, tebu tersebut kami olah menjadi bahan organik dikerjakan di eks pabrik Kalitelepak.

“Karena tidak bisa diolah menjadi bahan gula di PT IGG, maka sebagai tindak lanjut kami tebu tersebut kami jadikan bahan pupuk organik yang dikerjakan di Eks pabrik Kalikempit,” terangnya. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.