Tak Dapat STTP, Safari Ramadhan Didepan Mapolresta Banyuwangi Tetap Akan Digelar

  • Bagikan
Anang Suindro, Juru bicara Aksi Safari Ramadhan, Kabupaten Banyuwangi. (Foto:Istimewa).

BERITA9, ANYUWANGI – Meski Mapolresta Banyuwangi, Jawa Timur, tidak menertibkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) untuk kegiatan aksi Safari Ramdhan yang rencananya akan digelar di depan Mapolresta Banyuwangi setiap hari Senin dan Kamis selama bulan Ramdhan.

Seperti diketahui Lembaga Anti Narkotika (LAN) yang didukung oleh beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) dan masyarakat Banyuwangi akan menggelar aksi Safari Ramdhan di depan Mapolresta Banyuwangi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Anang Suindro, selaku Juru Bicara (Jubir) Aksi Safari Ramadhan (AKSARA) kepada awak media. Jum,at, (9/4/2022).

“Kita sudah mengirim surat pemberitahuan ke Mapolresta Banyuwangi, kemaren pada hari Kamis, 7 April 2022,” ucap Jubir AKSARA, Anang Suindro.

Menurut Anang Suindro, surat pemberitahuan sudah kita sampaikan ke Mapolresta Banyuwangi. Namun pihak Polresta Banyuwangi enggan menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

“Pihak Polresta Banyuwangi enggan menerbitkan STTP,” ungkap Anang Suindro, kepada awak media.

Namun, kata Anang, meskipun pihak Mapolresta Banyuwangi tidak menerbitkan STTP untuk kegiatan aksi safari ramadhan yang rencananya akan kami laksanakan setiap hari Senin dan Kamis selama bulan Ramadhan tahun ini. Tetapi kami pastikan acara aksi Safari Ramadhan kali ini akan tetap kami gelar.

“Menurut kami, kegiatan aksi yang akan kami lakukan ini dilindungi oleh Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum,” ujar Anang panggilan akrabnya.

Anang mengungkapkan, sifat dari Undang-Undang tersebut adalah bukan harus mendapatkan ijin dari pihak Kepolisian untuk dapat menggelar aksi tersebut, melainkan cukup dengan kita memberikan atau menyampaikan surat pemberitahuan kepada pihak Kepolisian, hal tersebut tertuang dalam Pasal 10  Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

“Sebagai catatan untuk semua masyarakat dan elemen bangsa yang ingin berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan aksi Safari Ramadhan besok adalah tetap tertib. Dilarang membawa senjata tajam dan minum-minuman keras, dan terakhir tetap patuhi protokol kesehatan agar kegiatan yang kita gelar bersama ini bisa berjalan dengan lancar dan damai,”pungkasnya.(*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan