Satu Hektar Lebih Tebu Milik PTPN XII Banyuwangi Mengering Dilahan

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Kembali terjadi, hasil panen tebu PTPN XII tepatnya di lahan Petak 16 Pegubaru, Afdeling Pegondangan, Kebun Kalitelepak, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tidak terangkut. 

Peristiwa tersebut sontak menjadi perhatian masyarakat sekitar. Pasalnya akibat tidak diangkut ke PT Industri Gula Glenmore (PT IGG) tebu tersebut mengering dilahan.

“Satu hektaran lebih lah mas yang tidak diangkut. Dan kondisi tebu saat ini sudah mulai mengering,”kata Pak Fika, salah satu warga Sekarbaru, Afdeling Pegondangan. Rabu, (10/8/2022).

Pak Fika, menambahkan jika tebu tersebut sudah ditebang kurang lebih 4 hari yang lalu namun hingga kini tidak diangkut. Namun demikian ia mengaku tidak tahu menahu kenapa tebu tersebut tidak di angkut ke PT IGG.

“Gak tahu mas, kenapa tidak diangkut. Apa gak rugi kayak gini ini perusahaan,”ungkap Pak Fika.

Terpisah, Kornelius Asisten Tanaman (Astan) Afdeling Pegondangan saat dikonfirmasi melalui sambungan Whatsapnya mengakui jika tebu tersebut sudah berada dilahan selama 4 hari.

“Iya sudah empat hari sekarang,” ujar Kornelius. Rabu, (10/8/2022).

Kepada wartawan Kornelius berdalih jika tebu tersebut tidak diangkut karena hujan sehingga kondisi jalan rusak.

“Akan segera kita angkut dan tindak lanjuti,”pungkasnya.

Sebelumnya kejadian yang sama juga terjadi diwilayah Kaliringin, Kalikempit. Tebu milik PTPN XII tersebut tidak diangkut imbasnya tebu tersebut mengering dan tidak dapat di produksi. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan