oleh

Santri Ponpes Mabadiul Ihsan Tegalsari Terserang ISPA

BERITA9, BANYUWANGI – Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mabadiul Ihsan, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, mendadak terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) atau bukan terinfeksi covid-19 seperti di Ponpes Darussalam Blokagung beberapa waktu lalu.

“Jadi bukan terinfeksi Covid-19, yang benar adalah ada beberapa santri yang terjangkit ISPA,” ucap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Kamis (1/10/2020).

Meminimalisir penularan, kini santri yang sakit dipisahkan. Upaya tersebut dilakukan guna mencegah adanya lonjakan jumlah pengidap ISPA. Baik dikalangan santri putra maupun putri.

“Kita belajar dari klaster Ponpes kemarin, kita tidak ingin terulang. Maka kita tangani sejak dini,” cetus pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini.

Namun sayang, Rio enggan menyebut berapa jumlah pasti santri Ponpes Mabadiul Ihsan, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, yang menderita ISPA.

Terkait kejadian ini, juga beredar Surat resmi Dinkes Banyuwangi yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas se Kabupaten Banyuwangi.

Isinya tentang penugasan sejumlah tenaga medis dari Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas untuk berjaga di Pos Pelayanan Kesehatan Ponpes Mabadiul Ihsan.

Adapun isi surat edaran itu :

Dalam rangka follow up peningkatan kasus Covid-19 (Swab Positif, Hasil RDT Reaktif, Suspect dan Kontar Erat) di Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan, maka dengan berpedoman Protokol Bencana bahwa dalam kondisi tertentu diharapkan Rumah Sakit mendekat ke lokasi bencana. Untuk itu mohon saudara menugaskan tenaga kesehatan sebanyak 3 (tiga) orang dengan kualifikasi dokter dan atau perawat untuk memberikan layanan kesehatan di pos pelayanan kesehatan Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan dengan jadwal terlampir. (red)

loading...

News Feed