Program Bedah Rumah PT BSI, Salah Satu Konsep Pemberdayaan Masyarakat Pesanggaran Banyuwangi

  • Bagikan
Salah satu rumah warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran yang mendapat program bedah rumah dari PT Bumi Suksesindo.(Foto: Istimewa).

BERITA9, BANYUWANGI – Masyarakat Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur semakin meminati konsep pemberdayaan sinergi manfaat yang diterapkan oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Diketahui PT Bumi Suksesindo (PT BSI) menerapkan konsep program bedah rumah. Dimana masyarakat melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas), bisa mengajukan rumah warga ekonomi kurang beruntung untuk dibedah menjadi lebih layak huni.

Hebatnya lagi, begitu program berjalan. Masyarakat anggota Pokmas bisa diberdayakan atau bekerja saat proses bedah rumah. Sedang, warga penerima program akan mendapat manfaat dari perusahaan berupa perbaikan tempat tinggal.

“Dengan konsep tersebut, masyarakat anggota Pokmas akan mendapatkan hak upah pekerjaan, sedangkan penerima program bedah rumah bisa memiliki tempat tinggal yang layak, dan perusahaan merasa sangat terbantu,” ucap Pendamping CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk, Anang Supriadi, Kamis (15/9/2022).

Konsep penyaluran CSR yang sangat edukasi kepedulian dan kekompakan, cukup diminati masyarakat. Mereka bisa mendatangi perwakilan perusahaan untuk mengajukan program bedah rumah tersebut.

Contohnya, seperti yang dilakukan perwakilan Pokmas Mekar Sari, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pada Kamis (15/9/2022). Mereka menemui Anang untuk mengajukan proram bedah rumah milik Sugiyanto, asal RT 05 RW 01, Dusun Pancer. Konsep pemberdayaan sinergi berbagi manfaat yang diterapkan PT Merdeka Copper Gold Tbk, dinilai mampu membawa dampak positif ditengah masyarakat.

“Tentunya kami mendukung konsep-konsep pelaku investasi yang mampu membawa manfaat nyata kepada masyarakat,” kata Ketua Pokmas Mekar Sari, Feri Sudarsono alias Sukro.

Menurut Feri Sudarso, bersinergi dalam penyaluran CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk, bukan saja memberi keuntungan materi. Tapi juga bisa menumbuhkan kepekaan sosial.

“Kita bisa berbuat baik kepada tetangga, saudara, yang memiliki rumah kurang layak. Kita ajukan, setelah direalisasi, kita yang bekerja,” cetusnya.

Sementara itu, Konsultan PT Merdeka Copper Gold Tbk, H Caesar Muhni Rizal menyampaikan bahwa konsep pemberdayaan sinergi berbagi manfaat sengaja diterapkan sebagai wujud iktikad baik perusahaan kepada masyarakat sekitar. Karena disini terdapat edukasi, kepedulian, kekompakan serta motivasi untuk terus berkarya.

“Kita mengajak kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan tetangga, kerabat dan saudara, yang memiliki rumah dengan kondisi kurang layak,” ucapnya.

Kata Echa, sapaan akrab Caesar Muhni Rizal, dengan begitu perusahaan juga sangat terbantu. Lantaran masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam optimalisasi program bedah rumah. Dengan kata lain, masyarakat menjadi pihak yang lebih aktif membantu perusahaan dalam merumuskan sasaran program. 

“Perusahaan tinggal melakukan supervisi cek lapangan. Begitu sesuai, program akan dijalankan,” beber Eca, sapaan H Caesar Muhni Rizal.

Ditambahkan, khusus untuk program bedah rumah sampai saat ini PT Merdeka Copper Gold Tbk, telah bersinergi dengan 5 Pokmas. Dengan rincian, 4 Pokmas dari Desa Sumberagung dan 1 Pokmas dari Desa Pesanggaran.

Selain program bedah rumah, induk perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) memang terus berbagi manfaat kepada masyarakat sekitar. Berbagai program terus digulirkan. Dengan program yang menyasar 4 sektor. Yakni sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan insfrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk diketahui, PT BSI ini adalah anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk. (*)

Penulis: Joko Prasetyo.Editor: HWI.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.