Polresta Banyuwangi & Stake Holder Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Banjir

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi beserta stake holder gerak cepat membantu warga terdampak banjir bandang di Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi yang terjadi pada Senin 21 Maret 2022 sore.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu melalui Kapolsek Pesanggaran AKP Subandi menyampaikan jika wilayah yang tergenang air akibat derasnya hujan adalah Afdeling Sumbergandeng  wilayah PTPN XII Kebun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran.

“Wilayah Afdeling Sumbergandeng diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 11.00 s/d 15.00 Wib sehingga mengakibatkan volume air di sungai Karang Tambak meningkat hingga akhirnya meluap,” terang AKP Subandi.

Perwira yang sebentar lagi menjabat Kasat Samapta Polresta Banyuwangi tersebut menjelaskan bahwa akibat meluapnya sungai Karang Tambak sekitar 100 rumah warga dengan jumlah penghuni sekitar 63 KK tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 cm dan air sempat masuk ke beberapa rumah warga.

“Jembatan penghubung antara Dusun Sumberjambe dengan Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan mengalami kerusakan berupa roboh diterjang derasnya arus sungai Karang Tambak, sehingga jembatan tersebut tidak dapat dilalui oleh masyarakat setempat,” tambah AKP Subandi.

AKP Subandi menambahkan dari kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian materiil yang dialami warga diperkirakan mencapai Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Kapolsek Pesanggaran tersebut menambahkan bahwa peristiwa naiknya debit air sungai yang mengakibatkan banjir di wilayah Afdeling Sumbergandeng sudah beberapa kali terjadi, salah satu penyebab terjadinya banjir karena dangkalnya dasar sungai, dan terjadinya pertemuan aliran sungai Karang Tambak dengan sungai Cawang.

“Kami bersama-sama anggota Polsek Pesanggaran, TNI  dan pemerintahan setempat dibantu oleh warga bergerak cepat membantu membersihkan sisa-sisa banjir pada rumah warga terdampak,” tutup AKP Subandi. (*)

Penulis: Abdul HarisEditor: Joko P
  • Bagikan