oleh

Pemuda Samber Tunggu Janji Kades Sambimulyo Soal Transparansi Anggaran Pembinaan Kepemudaan

BERITA9, BANYUWANGI –  Komunitas Pemuda Sambirejo Bersatu (Samber), menunggu janji Kepala Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Andik Santoso. Dimana Andik berjanji akan menjawab surat pemuda Samber, pada Kamis, 6 Mei 2021.

Untuk diketahui, surat yang dilayangkan Komunitas Pemuda Samber kepada Kepala Desa Sambimulyo, Andik Santoso, adalah surat klarifikasi. Yakni terkait anggaran pembinaan kepemudaan Desa Sambimulyo, pada tahun 2020 dan 2021. Serta anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan apa, kapan dan siapa pelaksananya.

“Untuk menjaga marwah dan bentuk penghormatan atas instansi pemerintah, kami berharap surat dari kami dijawab dengan surat,” ucap Ketua Komunitas Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto, Rabu (5/5/2021).

Surat balasan dari Kepala Desa Andik, lanjutnya, akan dijadikan bahan diskusi dan kajian diinternal pengurus dan anggota. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pembangunan Sumber Daya Manusia Komunitas Pemuda Samber.

“Karena itu, kami berharap surat balasan dari Bapak Kepala Desa, bisa terperinci. Misal, anggaran digunakan untuk acara apa, kapan dan siapa pelaksananya,” cetus Hendrik.

Kepada wartawan, Kepala Desa Sambimulyo, Andik Santoso, mengaku akan membalas surat klarifikasi Komunitas Pemuda Samber, Kamis besok, 6 Mei 2021. Dan itu sudah melalui kesepakatan dengan Ketua Komunitas Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto.

“Saya sampaikan ke Ketuanya (Ketua Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto), untuk nunggu besok diantar. Dan dia mengatakan siap,” kata Andik.

Seperti diketahui, polemik anggaran pembinaan kepemudaan di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, ini berawal dari keresahan kaum milenial setempat. Salah satunya yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Samber. Mereka merasa tidak pernah tersentuh pembinaan maupun program dari pemerintah desa setempat. Padahal, Komunitas Pemuda Samber adalah putra daerah Desa Sambimulyo.

Bentuk iktikad baik dan ketaatan pada prosedur, akhirnya Komunitas Pemuda Samber melayangkan surat klarifikasi kepada Kepala Desa Sambimulyo, Andik Santoso. Mereka menanyakan nominal anggaran pembinaan kepemudaan Desa Sambimulyo, pada tahun 2020 dan 2021. Serta anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan apa, kapan dan siapa pelaksananya.

Tindak lanjut surat, Kepala Desa Andik mengundang Ketua Komunitas Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto, ke Kantor Desa Sambimulyo, pada Rabu pagi (5/5/2021). Tak ingin sang ketua diundang sendirian, puluhan anggota Komunitas Pemuda Samber turut hadir. 

Dalam tatap muka dijelaskan bahwa anggaran pembinaan kepemudaan di Desa Sambimulyo, pada tahun 2020 sebesar Rp 8 juta. Namun sayangnya, pertemuan hanya berujung pertemuan.

Hingga usai acara, surat balasan yang ditunggu oleh Komunitas Pemuda Samber belum diberikan oleh Kepala Desa Sambimulyo. Malah dijanjikan akan dikirimkan Kamis besok, 6 Mei 2021. Ada apa ya, kok surat klarifikasi tak kunjung dibalas oleh Kades Andik Santoso?. (*)

loading...

News Feed