Peduli Kesehatan, PT Merdeka Copper Gold Bantu Pengobatan Bocah Umur Tiga Tahun

  • Bagikan
Karyawan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) saat sosialisasi tentang kesehatan pada anak sekolah. (Foto: Istimewa).

BERITA9, BANYUWANGI – Melalu program Corporate Social Responbsibiliti (CSR), PT Merdeka Copper Gold Tbk, terus berkomitmen membawa manfaat terhadap masyarakat diring satu perusahaan.

Melalui program CSR, perusahaan tambang emas yang berada diwilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur terus hadir ditengah tengah masyarakat membawa manfaat positif. Salah satunya dibagian sektor kesehatan.

PT Merdeka Copper Gold Tbk, terus memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program CSR. Mereka berfokus pada 4 sektor, yakni Pembangunan, Infrastruktur, pemberdayaan ekonomi dan kesehatan.

Berbagi kebahagian, PT Merdeka kerap merealisasikan CSR di bidang kesehatan dengan memberikan pengobatan geratis kepada masyarakat diwilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Seperti yang dirasakan oleh keluarga Gibran Fernando. Bocah lelaki berusia 3 tahun itu terpaksa harus menjalani tindakan operasi karena ia mengalami suatu penyakit yang mengakibatkan dirinya kesusahan untuk Buang Air Besar atau BAB, sehingga badan mungilnya harus merasakan nyeri perut yang parah tiap harinya.

Dengan bantuan dari perusahaan, anak dari pasangan suami istri Frendi Fernando dan Nurul Rafikah tersebut, akhirnya bisa mendapat layanan kesehatan yang lebih optimal. Setelah sekian lama, Gibran hanya mendapatkan perawatan di rumah sakit lokal dengan kondisi yang tak kunjung membaik.

Senang bukan kepalang, warga asal Dusun Pancer RT 03, RW 03, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tersebut berkesempatan untuk membawa sang buah hati untuk mendapat tindakan operasi di Rumah Sakit Angkatan Laut (AL) Surabaya dengan bantuan dari perusahaan tambang emas.

“Rekomendasi dari pihak Rumah Sakit, dia mesti mejalani perawatan kesehatan dan pengobatan di rumah sakit AL Surabaya,” ucap Pendamping CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk, Anang Supriadi, Selasa (17/1/2023).

Sejak tahun lalu, Gibran memang sudah rutin mondar-mandir di berbagai fasilitas kesehatan. Meskipun namanya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, tetap saja orang tuanya kewalahan untuk memenuhi seluruh biaya yang diperlukan. Oleh karena itu lah, dengan semangat untuk kesembuhan sang anak, mereka mengajukan bantuan ke perusahaan.

Setelah melihat kondisi Gibran, tak menunggu lama, perusahaan tambang emas itu sepakat untuk mengucurkan bantuan kepada si kecil Gibran.

Tercatat, bantuan pertama kali diterima oleh keluarga Gibran pada 29 Juli 2022. Pada saat itu, kondisinya memburuk sehingga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit yang lebih besar di Surabaya. Bantuan berlanjut ketika ia harus menjalani operasi pada 24 Oktober 2022 lalu.

Tak berhenti disitu, setelah selesai operasi dilakukan, perusahaan terus memberi bantuan untuk Gibran. Karena memang ia diharuskan untuk kontrol rutin sesuai jadwal yang ditetapkan oleh rumah sakit agar pemantauan keberhasilan pengobatan dapat diketahui.

Guna memastikan keadaan Gibran membaik, pada 7 Desember 2022 lalu, perwakilan dari management PT Merdeka Copper Gold Tbk, menjenguk sekaligus menyerahkan langsung bantuan guna memenuhi keperluan Gibran paska operasi.

“Terhitung, sudah 6 kali keluarganya mendapatkan bantuan, berupa pendanaan untuk kebutuhan sehari-hari, trasportasi, dan pembelian obat yang tidak ditanggung oleh BPJS, ” kata Anang.

Rasa haru menyelimuti keluarga Gibran, kepedulian perusahaan untuk membantu mengupayakan kesembuhan anaknya menjadi hal yang tidak akan terlupakan bagi mereka.

Rasa syukur dan terima kasih mereka sampaikan, berkat kepedulian dari perusahan yang telah sudi mengulurkan bantuanya. Kini kondisi kesehatan buah hatinya mulai membaik, meski masih butuh perawatan dan pengobatan lanjutan, setidaknya kedua pasangan suami istri ini bisa bernafas lega.

Mereka berharap anaknya bisa sembuh total, dan bisa beraktivitas seperti anak-anak normal kebanyakan, mengisi waktu dalam kesehariannya dan dapat menatap masa depan penuh dengan kebahagiaan. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan