oleh

Menteri Nadiem Kecam Pendidik Yang Berprilaku Koruptif

BERITA9, JAKARTA – Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengecam keras aksi tidak terpuji yang dilakukan oleh oknum tenaga pengajar.

Menurutnya, jika ada ditemukan kasus dugaan korupsi yang dilakukan anak buahnya, ia meminta Polri untuk menindak tegas.

“Tidak ada ampun bagi pelaku korupsi di lingkungan Kementerian Pendidikan,” kata Nadiem di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Kata Nadiem, selama ini pihaknya telah mendorong berbagai pihak untuk menjalankan prinsip pendidikan yang transparan.

“Berbagai macam insiatif untuk mendorong pendidikan anti korupsi, kita telah menerbitkan tiga buku pegangan di tahun 2011, 2016 dan 2018 secara konsisten,” jelasnya.

Selain itu, kata Nadiem, Kemendikbud juga telah memberikan pelatihan anti korupsi kepada para pendidik.

“Tansparansi dan integritas itu harga mati, karena Saya memang dididik seperti itu. Itu menjadi budaya untuk perubahan sikap Saya dalam transparansi kepada pekerjaan yang Saya lakukan,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Kabar miring Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi mencuat. Kabar miring tersebut diduga pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi meminta Fee sebesar 20 % dari sekolah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK).

Seperti dikutib dari  Satukanal.com, Direktur Forum Banyuwangi Transparansi Anggaran Rosidi Zein menyebutkan bahwa diduga hampir semua sekolah dipotong 20 persen. “Modus yang di gunakan itu adalah Anggaran DAK masuk ke rekening sekolah, akan tetapi setelah anggaran diterima sekolah, selanjutnya sekolah menyetorkan kepada Dinas Pendidikan senilai 20 persen dari anggaran,” katanya. (22/4/2021).

Perlu diketahui anggaran DAK tahun 2020, seperti salah satu sekolah Dasar (SD) yang berada di Kecamatan Muncar mendapatkan 400 juta, jika dipotong 20 persen maka sisa anggaranya 320 juta. Sisa dari pemotongan 20 persen tersebut barulah dipergunakan untuk renovasi gedung dan keperluan lainnya, bahkan lanjut Rosidi Zein ada beberapa komite yang mengeluh dengan adanya hal tersebut. (Tim).

loading...

News Feed