Warga Desa Genteng Wetan Datangi Kantor Camat, Desak Toko Minol Ditutup

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Perwakilan masyarakat Desa Genteng Wetan, mendatangi kantor Camat Genteng, Banyuwangi, pada Selasa, 26 Juli 2022 pagi. Kedatangan mereka mendesak untuk menutup toko Banyu Rejeki penjual Minuman Keras (Miras) atau Minuman Beralkohol (Minol) yang berada di jalan Hasyim Asy’ari RT 04 RW 08, Utara lampu merah, Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng, Selasa (26/7/2022) siang.

Koordinator perwakilan masyarakat Desa Genteng Wetan, Haidori mengatakan dirinya datang bersama puluhan warga ini bertujuan untuk melakukan mediasi yang difasilitasi oleh Camat Genteng, dengan penjual Minuman Keras (Miras) atau Minuman Beralkohol (Minol). Namun pihak pedagang terkesan menyepelekan undangan dari camat Genteng sehingga tidak datang.

“Tidak hadirnya pedagang Minol tersebut sama artinya tidak menghargai undangan dari camat Genteng,” kata Haidhori, kepada awak media.

Haidhori, mendesak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk menutup toko minuman keras yang ada di Desa Genteng Wetan.

“Kami minta toko Minol itu ditutup, tidak bisa ditawar lagi,” tegasnya.

Bahkan warga Desa Genteng Wetan, tersebut akan menggelar aksi besar – besaran sebagai bentuk penolakan adanya penjualan Miras di wilayahnya. Apalagi toko Minol tersebut berdekatan dengan musholla atau fasilitas umum.

“Selepas Sholat Jum’at, kami akan menggelar demo, massa aksi kurang lebih 500 hingga 1000 orang,” bebernya.

Sementara, Camat Genteng, Satrio mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang warga Desa Genteng Wetan, untuk melakukan aksi demo yang akan digelar pada Jum’at (29/7/2022) mendatang.

“Sebenernya, masalah ini saya sudah melakukan upaya mediasi tapi pihak pedagang tidak hadir,” kata Satrio 

Menurut Satrio, warga Desa Genteng menyoal keberadaan toko Miras yang berdekatan dengan musholla, dan jam bukanya juga tidak sesuai kesepakatan

“Dulu, kami pernah melakukan mediasi, dan kedua belah pihak menyepakati aturan-aturan yang diminta warga,” kata Satrio.(*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.