Mabes Polri Bentuk Satpamobvit di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Brigjenpol Budi Yuwono, Karo Lemtala Srena Mabes Polri beserta tim datang ke Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka didampingi Kapolresta Banyuwangi, Deddy Foury Millewa, mendatangi destinasi wisata Pantai Pulau Merah (PM) yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Di Pantai Pulau Merah, mereka ditemani oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Tokoh masyarakat setempat serta perwakilan manajemen PT Bumi Suksesindo (PT BSI), selaku pelaku investasi diwilayah setempat.

Brigjenpol Budi Yuwono menyampaikan, bahwa dirinya bersama tim datang ke Banyuwangi, bertujuan membentuk Satuan Pengamanan Objek Vital (Satpamobvit) di lokasi wisata Pulau Merah.

“Kami datang bertujuan untuk membentuk Satpamobvit di wisata Pulau Merah, yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran,” ujarnya. Rabu, (30/11/2022).

Menurut Budi Yuwono, tugas dari Satpamobvit adalah berkontribusi melakukan pengamanan di daerah wisata khususnya Pulau Merah. Nantinya ada penempatan pos-pos Satpamobvit di wisata Pulau Merah.

“Harus ada kolaborasi antara masyarakat dengan Polri sehingga tujuan pembentukan Satpamobvit bisa terwujud. Jangan sampai ada pungli di area wisata yang mengakibatkan sepinya pengunjung,” serunya.

Para pelaku wisata harus tertib dan bisa memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Dengan ditempatkannya Satpamobvit maka akan ada kerja sama sehingga adanya wisatawan berjalan nyaman dan senang.

Ketua Pokmas Wisata Pulau merah Poniran alias Rakih mengatakan, pengelolaan wisata Pulau Merah bekerja sama denga Perhutani dan Pemda Banyuwangi dan mempunyai struktur kepengurusan.

Keamanan pantai sudah bersertifikasi untuk seksi keamanan juga lengkap sehingga wisatawan bisa nyaman dan butuh kerja sama dengan Satpamobvit agar bisa mengendalikan keamanan di wisata Pulau Merah.

“Kalau sudah terbentuk bantuan pengamanan Satpamobvit di Pulau Merah bisa lebih aman mengingat sudah terkenal sampai internasional,” katanya.

Menurut Sajid, pengelola wisata, data pengunjung di wisata Pulau Merah pada tahun 2019 rata-rata 20.000 – 25.000 orang perbulan dan 10 persen dari manca negara.

“Untuk kontrol wisatawan sangat terbatas karena langsung dalam pengawasan para pemilik homestay. Sudah sepantasnya Banyuwangi ada Satpamobvit khususnya Pulau Merah,” katanya. (*)

Penulis: Joko Prasetyo.Editor: HWI.
  • Bagikan