Komisi V DPR RI Monitoring Program Pemerintah di Banyuwangi

  • Bagikan
Sumail Abdullah, Anggota DPR RI (Baju Putih) saat Kunker di Desa Kenjo, Banyuwangi. (Foto: Indra/Berita9).

BERITA9, BANYUWANGI – Anggota Komisi V DPR RI, Ir. H. Sumail Abdullah terjun lapangan di sejumlah wilayah di Banyuwangi, Jawa Timur. Kedatanganya dalam rangka untuk memonitoring program Pemerintah.

Kunjungan Kerja (Kunker) Sumail Abdullah kali ini di Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Sumail didampingi pejabat penting dari Kementrian, beserta Balai terkait program.

“Hari ini adalah monitoring kegiatan Kementrian PUPR di wilayah Dapil 3 yakni, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo,” kata Sumail Abdullah, pada Selasa (19/10/2021).

Baca Juga :

Anggota Fraksi Partai Gerindra tersebut menjelaskan, mengapa memilih Desa Kenjo untuk dijadikan percontohan.

Menurutnya, Desa ini mendapatkan jenis program dari Pemerintah yang layak ditempatkan di desa tersebut.

Dari sini, masih Sumail, memiliki Kepala Desa (Kades) muda, smart, dan juga punya inovasi bagaimana memperhatikan dan memiliki kepedulian terhadap warganya. Kades seperti ini akan disuport melalui aspirasi-aspirasi.

“Bisa jadi nanti bisa langsung kami datangkan Kementrian terkait guna memperlancar dan memajukan desanya dalam rangka pembangunan  fisik infrastruktur baik berbasis masyarakat maupun kontraktual,” ucap Legislator kelahiran Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi ini.

Contohnya, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Di Desa Kenjo saja terdapat bantuan 26 unit rumah yang bisa terlaksana baik dan sukses.Lagi-lagi Kades mampu berkoordinasi bersama Kementrian atau Balai-balai. Sementara itu, padat karya sendiri melibatkan yang berbasis masyarakat.

“Tapi sekali lagi catatan baik di kenjo ini tersebut terlaksana dengan lancar sukses, kedepannya perlu pertimbangan kita akan tambah,” ucap Sumail. 

“Pertimbangannnya bahwa, tentu melihat kondisi masyarakat yang memang perlu dibantu prioritasnya kreatif dan inovataif harus kerjasama yang baik,” imbuhnya.

Baca Juga :

Sementara itu, Kades Kenjo, Ahmad Sofyanto mengucapkan terima kasih atas program Pemerintah yang sudah jatuh di desanya. Menurutnya, apa yang dibutuhkan mudah mudahan bisa tercapai meski harus bersuara.

“Selama kita diam dan pasif, maka tidak akan didengar oleh pejabat. Saya memilih bersuara dan aktif. Yang namanya ngemis itu sudah biasa. Namun, semua ini saya ngemis untuk masyarakat,” pungkas Kades termuda di Banyuwangi ini. 

Sekedar diketahui, dalam kunjungan itu, Sumail Abdullah juga mengunjungi rumah warga yang menerima program BSPS. Disana, dia menandai rumah itu dengan keberhasilan program BSPS di Bumi Blambangan. 

“Bapak-bapak terima kasih, rumah saya sudah dibangun,” tukas nenek berdaster itu saat ditemani suaminya, Jarkoni. (*)

  • Bagikan