JPKP Menduga Sponsor, Calo dan Oknum Imigrasi Kongkalikong Dalam Proses Pembuatan Paspor Ganda

  • Bagikan
Salah satu Paspor ganda yang dikeluarkan Imigrasi Jember dan Kediri.(Foto: Istimewa).

BERITA9, BANYUWANGI – Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Jawa Timur menyebut jika kasus Paspor ganda empat Tenaga Kerja Wanita (TKW) mulai menemukan babak baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Siswanto, SH, Ketua JPKP Jawa Timur kepada awak media. Kamis, (28/4/2022).

“Tim kami baru mendapatkan informasi jika ke empat TKW tersebut diberangkatkan ke Timur Tengah oleh salah satu Sponsor atau PL asal Banyuwangi,” ucap  Siswanto Ketua JPKP Jawa Timur.

Menurut Siswanto, persoalan paspor ganda ini harus betul – betul diungkap. Pasalnya ini adalah perbuatan yang melanggar hukum. Negara kita adalah negara hukum, dan kita harus taat kepada hukum yang ada.

“Tidak hanya paspor ganda saja, sponsor yang memberangkatkan empat TKW ini harus diungkap. Karena menurut kami sponsor juga ikut andil dalam merekayasa pembuatan paspor tersebut,” tegas Siswanto, Ketua JPKP sekaligus salah satu pengacara Kabupaten Banyuwangi.

Kami menilai lanjut Siswanto, antara sponsor/PL, dan Biro Jasa atau Calo, serta oknum Imigrasi Kediri ada kongkalikong, ada permainan dalam proses pembuatan paspor tersebut. Dan ini jelas – jelas melanggar perundang undangan dan melanggar hukum.

“Kami menduga antara Sponsor, Calo dan juga Oknum Imigrasi, ada kongkalikong dalam proses pembuatan paspor tersebut,” pungkasnya.

Namun sayang hingga kini Wartawan belum bisa mengkonfirmasi sponsor yang memberangkatkan empat TKW dan juga pihak Imigrasi Kediri maupun Jember. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.