Inilah Tanggapan Manager PTPN XII Kalirejo Soal Pengerukan Tanah Menggunakan Alat Berat

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Soal pengerukan tanah milik PTPN XII yang berada di Afdeling Sidomukti kebun PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus menjadi perbincangan sorotan publik.

Kepada awak media, Benny Hendricrianto, Manager kebun PTPN XII Kalirejo mengaku jika pengerukan tanah  tersebut dilakukan oleh pihak Industri Gula Glenmore (IGG).

“Info dari pak Andik Sidomukti, pak Guntur IGG, minta tanah urukan ke pak askep Ali,” katanya. Melalui whatsapnya. Jum,at (25/3/2022).

Menurut Benny, tanah uruk tersebut pengambilannya dilokasi pak Andik. 2 rit pakai kendaraan IGG untuk bantuan ponpes.

“Lokasi diwilayah Pak Andik, diambil 2 rit untuk bantuan di Pondok Pesantren (Ponpes),” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Tanah milik PTPN XII Kalirejo, Afdeling Sidomukti, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore dikeruk menggunakan alat berat. Kejadian tersebut terjadi pada hari Senin, 21 Maret 2022.

Pengerukan tanah milik perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tersebut sontak menjadi perhatian warga setempat. Pasalnya tanah hasil kerukan tersebut dimuat menggunakan truk dan di bawa keluar dari wilayah perkebunan. 

Hal tersebut disampaikan oleh KD warga Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, kepada wartawan. Jum,at, (25/3/2022).

“Iya benar mas, ada aktifitas pengerukan tanah diwilayah Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Kata KD, pengerukan dan pengambilan tanah tersebut terjadi pada Senin, 21 Maret 2022 yang lalu. Tanah tersebut dikeruk menggunakan alat berat dan di muat Truk di bawa keluar dari area perkebunan. Namun demikian KD mengaku tidak mengetahui tanah urug tersebut di bawa kemana.

“Kalau masalah tanah urug di bawa kemana, kita tidak tahu menahu mas,” ungkapnya.

Sementara Andi, Asisten Tanaman (Astan) atau Sinder, Afdeling Sidomukti, PTPN XII Kalirejo saat dikonfirmasi soal pengerukan tanah tersebut mengaku tidak tahu menahu dengan kegiatan tersebut. Bahkan Astan Sidodadi tersebut meminta wartawan untuk langsung menanyakan kepada pak Guntur SDM nya IGG.

“Coba pean langsung tanya ke pak guntur SDM nya IGG,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ali, Asisten Kebun (Askeb) PTPN XII Kalirejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Saat dikonfirmasi soal kegiatan pengerukan tanah tersebut juga meminta wartawan langsung menanyakan ke Guntur IGG.

“Bapak bisa langsung ke Pak Guntur IGG,” jawabnya singkat. Jum,at, (25/3/2022).

Namun sayang, lagi – lagi awak media belum bisa mengkonfirmasi Guntur SDM IGG. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan