Horee! 4 Destinasi Wisata Pantai di Pesanggaran Banyuwangi Dapat Bantuan Ratusan Life Jacket

  • Bagikan
Penyerahan bantuan ratusan life jacket pada empat Pokdarwis pantai diwilayah Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

BERITA9, BANYUWANGI – Kabar menggembirakan bagi masyarakat yang senang dan hobi berwisata pantai di Banyuwangi, Jawa Timur. Kali ini berwisata tak perlu khawatir dengan keselamatan. Pasalnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sudah dilengkapi dengan pelampung atau Life Jacket.

Seperti pengelola destinasi wisata yang berada di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, yakni Pantai Pulau Merah (PM), Pantai Gumuk Kancil, Pantai Cemara, Pantai Mustika. Saat ini mereka sudah menggunakan pelampung.

Sebagai informasi, pelampung atau Life Jacket tersebut merupakan bantuan dari PT Nawakara Perkasa Nusantara. Salah satu rekanan dibidang keamanan dari PT Bumi Suksesindo (PT BSI), pelaku investasi pertambangan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Bantuan diberikan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Satpam. Sekaligus wujud dukungan investor terhadap tumbuh kembang sektor pariwisata disekitar perusahaan. Prosesi serah terima dilakukan pada Selasa kemarin (17/1/2023). Dilakukan langsung oleh pihak PT Nawakara Perkasa Nusantara, PT BSI dan Polsek Pesanggaran.

“Hal ini sesuai dengan tema HUT Satpam tahun ini. Yakni ‘Sinergitas Satpam dan Polri untuk sesama,” kata Chief Security PT Nawakara Perkasa Nusantara, Bambang Subagiyo, Rabu (18/1/2023).

Seratus lebih Life Jacket dari rekanan PT BSI ini diserahkan kepada empat Pokdarwis wisata pantai diwilayah Desa Sumberagung. Meliputi Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil, Pantai Cemara dan Pantai Mustika.

Perwakilan External Affairs bidang Asset Protection PT BSI, Indrianto Puji Utomo, berharap bantuan Life Jacket bisa meningkatkan pelayanan Pokdarwis terhadap para wisatawan. 

“Dengan peralatan seperti Life Jacket yang memadai, tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Wisatawan akan lebih senang dan kunjungan pun tentunya akan ikut meningkat,” katanya.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Basori Alwi, SH, MH, mengaku sangat mengapresiasi kepudulian PT Nawakara Perkasa Nusantara selaku rekanan PT BSI, yang telah turut serta memajukan program pemberdayaan untuk masyarakat. Terutama dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata.

“Semoga Satpam Nawakara semakin profesional dalam memberikan pelayanannya kepada stake holder, perusahaan tempatnya bekerja,” katanya.

Sementara itu, anggota Pokdarwis Pantai Pulau Merah, Hendro, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas dukungan serta bantuan yang diberikan. Dengan Life Jacket yang diberikan, dia bersama rekan Pokdarwis lainnya akan terus meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

“Kami sangat berterimakasih sekali atas suport batuan yang diberikan, dan akan kami manfaatkan dengan baik,” cetusnya.

Seperti diketahui, wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut juga telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI bersama rekanan, memang terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan menyasar empat sektor, yakni pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastuktur, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan