Grespol, Program Unggulan Desa Grogol Banyuwangi

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Pengembangan potensi desa melalui produk UMKM Grespol (Grogol Sirup Polo), yang dilakukan oleh Desa Grogol, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, sangat didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui program bantuan keuangan khusus (BKK), Senin (11/4/2022).

Program dari Provinsi Jawa Timur, tersebut untuk membantu pengembangan potensi desa yang bisa dijadikan produk unggulan UMKM, dan hal ini sangat diapresiasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Grogol mengingat desa tersebut mendapat dukungan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Adapun potensi Desa Grogol yakni buah pala. Guna pengembangan produk UMKM Grespol, yang bisa dijadikan berbagai macam olahan pangan, mengingat buah tersebut sangat banyak mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Menurut keterangan Isnaini selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Grogol, Produk olahan pangan dari buah Pala yang kita kembangkan ini salah satunya adalah sirup polo dari buah pala, kue nastar buah pala, wedang pala kering untuk diseduh, dimana persiapan produksinya kita lakukan selama 3 bulan setelah mendapat bantuan program BKK,” Terangnya.

Isnaini melanjutkan, kita melaunching produk tersebut pada bulan Desember lalu. Alhamdulillah bulan puasa ini kita dapat orderan parsel lebaran dari yang biasa produksi parsel kurang lebih sekitar 200 san parsel, untuk harga perbotol sirup polo kita jual dengan harga 15 ribu saja, dan rencana kedepan kita juga akan mengembangkan buah pala ini untuk dibuat jenang pala, dan minuman pala yang bisa langsung diminum,” Tutup Isnaini saat melakukan promosi produk di Desa.(*)

Penulis: Abdul HarisEditor: Joko P
  • Bagikan