Dua Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pasar Situbondo Asal Sumsel Diamankan Polisi

  • Bagikan
Dua pelaku pencurian sepedah motor asal Sumatera Utara diamankan petugas Polsek Asembagus Situbondo. (Foto: Sutikno/Berita9).

BERITA9, SITUBONDO – Dua orang asal Provinsi Sumatra  Selatan, diamankan Polsek Asembagus, Polres Situbondo Jawa Timur pada Senin (19/9/2022). Mereka diamankan lantaran kedapatan mencuri Sepeda Motor.

Aksi dua pria tersebut terbilang berani, karena melakukan aksinya disiang hari. Bahkan mereka melakukan pencurian di depan Pasar buah sekitar pukul 12.40 Wib. Keduanya melakukan aksinya didepan toko baju artha jaya, Jl Raya Asembagus Kp. Timur, Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Situbondo.

Diketahui dua pria diduga pelaku pencurian tersebut bernama  Muhammad Tusin (38)

Asal Jl. Merdeka No. 33 RT 003 Desa Mangun Jaya, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Komering Ilir, dan Muhammad Ali (45) asal Lorong Kriyo Hamdan, RT 003 Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan.

Aksi dua orang tersebut, diketahui korbannya, bernama Zaini (45) asal Kp. Pareyaan RT 001/ RW 002 Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Mereka dipergoki saat pelaku berusaha membuka jok sepeda milik korban,  aksi kejar kejaran ditengah keramaian pasar terjadi. Keduanya berhasil ditangkap di Pasar Kampung.

Dari keterangan Zaini (korban), usai mengambil uang di Bank BRI di Jangkar, ia  belanja di Toko Baju Artha Jaya di Jl. Raya Asembagus,sementara sepeda diparkir dipinggir jalan, kemudian ia masuk ke toko, tidak berapa lama ia keluar dari toko, melihat sepedanya.

“Pertama, ada satu orang tidak dikenal mencoba membuka jok sepeda motor saya, sedangkan satu orang menunggu diatas sepeda motornya melihat itu saya langsung teriak maling dan mengejarnya,” kata Zaini.

Lebih lanjut Zaini menuturkan, karena khawatir uang yang disimpan didalam jok diambil pelaku, dirinya langsung keluar dari toko berupaya mengejar dan berteriak maling. Beruntung setelah diperiksa, uang yang disimpan didalam jok masih utuh dan tidak diambil oleh pelaku.

Kapolsek Asembagus, Situbondo Iptu Gede Sukarmadiyasa mengatakan, untuk pengembangan kasus pencurian sepeda motor tersebut, kedua pelaku yang diketahui warga Sumatera Selatan, hingga saat ini masih dimintai keterangannya oleh penyidik.

“Namun, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku yang terekam CCTV saat melakukan aksinya itu, langsung dijebloskan ke sel Mapolsek Asembagus,”kata Iptu Gede Sukarmadiyasa.

Selain dua pelaku diamankan di Polsek Asembagus, Sepeda motor merk Honda beat warna hitam dengan nopol F-6515-FFP milik korban, dengan kondisi  kontak dirusak dengan kunci T oleh pelaku dan Sepeda motor Suzuki FU nopol L-6424-MH (milik pelaku yang digunakan untuk kejahatan) juga diamankan sebagai barang bukti. (*)

Penulis: SutiknoEditor: Joko Prasetyo
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.