Diduga Sapi Terjangkit PMK Dilarang Masuk Hewan Kemisan Situbondo

  • Bagikan

BERITA9, SITUBONDO –  Tiga ternak sapi diduga terjangkit virus PMK, yang hendak dijual belikan di Pasar Kemisan Asembagus Situbondo. Jawa Timur. Terpaksa di putar balik oleh Petugas gabungan, ke Desa asalnya untuk dilakukan perawatan dokter hewan setempat. Kamis (9/6/2022).

Tiga ekor sapi yang diduga terjangkit virus PMK berasal dari Kecamatan Arjasa Situbondo, dijaring oleh petugas gabungan dalam Oprasi Penyekatan PMK, di pasar Hewan Kemisan Desa kertosari Kecamatan Asembagus. Pada pukul 09.00 Wib.

Hadir dari Polsek Jajaran meliputi Polsek Asembagus oleh Kanit Binmas Iptu Gatot . Polsek Arjasa. Koramil Asembagus. Koramil Arjasa serta dari Puskeswan sebanyak 5 orang. 

Kapolsek Asembagus. Ipda I Kadek Yasa, melalui Kanit Binmas Iptu Gatot, menyampaikan,” Oprasi gabungan yang dilakukan dalam rangka, antisipasi PMK ( Penyakit Mulut dan Kaki ) hewan ternak guna meningkatkan kewaspadaan serta kesadaran masyarakat tentang kesehatan ternak. 

“Untuk itu penyekatan kami lakukan bersama petugas yang lain, khususnya dari Puskeswan setempat, mengantisipasi hewan hewan dari luar daerah, atau hewan sapi dari luar kota,” kata Kanit Binmas Polsek Asembagus. Polres Situbondo.

Tidak hanya melakukan Ops Penyekatan di Pasar Pasar Hewan, Petugas berharap Agar warga ikut serta menyebarkan informasi tentang antisipasi PMK, guna meningkatkan kewaspadaan kesadaran masyarakat, tentang kesehatan ternak. 

Dan selalu kordinasi dan menginformasikan kepada petugas apabila di daerah sekitar, ada tanda tanda terkena penyakit tersebut (PMK). Dan segera menghubungi petugas kesehatan hewan (*).

Penulis: SutiknoEditor: HWI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.