Diduga Dokumen Bermasalah, 12 CTKI Dikabarkan Diamankan Petugas Bandara Soekarno -Hatta Jakarta

  • Bagikan
Foto; Ilustrasi Goegle.

BERITA9, BANYUWANGI – Sebanyak 12 Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) dari Banyuwangi dikabarkan diamankan oleh petugas bandara Sukarno -Hatta Jakarta beberapa hari yang lalu.

CTKI tersebut rencananya hendak diberangkatkan ke Negara Malaysia. Namun karena tidak dilengkapi dengan dokumen yang lengkap mereka diamankan petugas.

“Kami dapat kabar, beberapa hari yang lalu ada CTKI asal Banyuwangi diamankan petugas Bandara Soekarno – Hatta Jakarta, karena dokumennya bermasalah,” SR, kepada wartawan.

Kepada wartawan SR, menyebut jika dari 12 CTKI tersebut adalah warga asal Kabupaten Banyuwangi. Namun Petugas Lapangan (PL) atau Sponsornya berbeda – beda. Kabarnya diberangkatkan oleh PT di Kabupaten Jember.

“Sebagian CTKI tersebut adalah warga Banyuwangi yang berangkat melalui PL atau Sponsor yang berbeda melalui PT di Jember,” ujar pria yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Sementara WT dan LL, PL atau sponsor yang diduga memberangkatkan CTKI tersebut saat dikonfirmasi soal CTKI yang diamankan oleh petugas bandara Soetta Jakarta tersebut kompak tidak komentar. Pertanyaan wartawan melalui sambungan Whatsapnya hanya dibaca saja, namun tidak di balas.

Berbeda dengan DBR, disebut sebut jika salah satu CTKI yang diamankan oleh petugas Bandara Soetta Jakarta adalah rekrutmen darinya  yang dikirim melalui PT di Jember ia membantah.

“Ngak bro,” jelasnya. Kamis, (24/3/2022).

Kepada Wartawan DBR mengaku jika CTKI yang diamankan oleh Petugas Bandara Soetta Jakarta itu bukanlah anak buahnya. Bahkan ia mengaku jika anak buahnya tidak jadi berangkat.

“Nggak sido budal bro, (Nggak Jadi Berangkat bro),” jelasnya.

Atas kejadian tersebut sebagian masyarakat Banyuwangi berharap kepada aparat penegak hukum agar praktik pemberangkatan CTKI ilegal di Bumi Blambangan ditertibkan. Dan untuk kasus ini Polisi agar segera turun lapangan guna menyelidiki kasus CTKI yang diamankan oleh petugas Bandara Soetta Jakarta beberapa hari yang lalu.

Namun sayang hingga berita ini ditulis, PT yang memberangkatkan para CTKI yang diamankan oleh petugas bandara Soetta Jakarta tersebut belum bisa dikonfirmasi. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan