Berbagi Kasih Ramadhan, Seni Jaranan Langgeng Buono Sempu Banyuwangi Berbagi Takjil

  • Bagikan
Keluarga besar seni Jaranan Langgeng Buono, Sempu, Banyuwangi membagikan takjil pada pengguna jalan. (Foto: Abdul Haris)

BERITA9, BANYUWANGI – Di bulan suci Ramadhan, Sanggar Seni Budaya Jaranan Buto Langgeng Buono ‘Songkel Mejo’ berbagi kasih dengan cara berbagi takjil berbuka puasa. Mereka menggelar kegiatan bagi takjil di Jalan Raya Kalisetail, Dusun Krajan, Desa Sempu Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Acara sosial tersebut digelar mulai pukul 16.00.Wib pada hari Sabtu, 16/4/2022.

“Hari ini keluarga besar seni Jaranan Buto Langgeng Buono berbagi takjil jelang buka puasa,”kata Edi Suwoto, Ketua sanggar seni Jaranan Langgeng Buono.

Menurut Edi Suwoto, Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan  eksistensi, bahwa Seni Budaya Jaranan Buto masih hidup dan masih diminati masyarakat pecinta seni budaya asli daerah meskipun era globalisasi dan seni modern mengancam tergesernya seni budaya asli daerah.

“Seni Budaya Jaranan Buto Langgeng Buono masih eksis dan masih tetap berkarya, kami mengucap syukur, kepada Allah SWT, bahwa kita masih di beri kesempatan untuk bisa berpartisipasi dan berbagi dalam bulan suci ramadhan ini dengan berbagi takjil,” ujarnya.

Kata Ketua Seni Jaranan Langgeng Buono, Alhamdulillah, kegiatan sosial bagi-bagi 1.000 takjil dapat terselenggara dengan lancar dan sukses berkat kerjasama tim dan ketulusan serta keihlasan saudara-saudara keluarga besar Langgeng Buono dalam menyisihkan rejekinya untuk mensukseskan kegiatan hari ini.

“Berkat kerjasama dan kekompakan keluarga besar Langgeng Buono, acara hari ini bisa sukses,”ungkap pria yang akrab disapa Woto.

Dalam kesempatan yang sama, Alif Hudi Widayat (AHW), selaku pembina Sanggar Seni Budaya Langgeng Buono “Songkel Mejo” yang beralamat di Desa Sempu, Kecamatan Sempu berharap kepada pecinta seni budaya daerah dan sesama pekerja seni tetap terjalin tali sillaturahmi dan persahabatan tanpa membedakan komunitas, untuk bisa saling bersinergi dalam kegiatan yang lain yang bertujuan baik untuk mengembangkan seni budaya asli Indonesia khususnya Banyuwangi.

“Kami harapkan semua tujuanya untuk membangun kesenian daerah Banyuwangi agar bisa lebih maju,” pinta Alif.

Alif juga menyampaikan, “Kami atas nama keluarga besar Langgeng Buono mengucapkan selamat berbuka puasa dan mohon maaf kepada masyarakat Desa Sempu dan sekitarnya apabila kegiatan kami telah membuat sedikit kemacetan dan ketidaknyamanan.

“Pesan kami buat Pemerintah, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi (DISBUDPAR), berilah kami ruang untuk mengekspresikan kreatifitas, untuk mengharumkan bangsa lewat seni dan budaya”, pungkas Alif. (*)

  • Bagikan