Bangunan Lebih Bagus dan Aman, Santri TPQ Baitul Falah Pancer Jadi Suka Cita

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Penuh suka cita dan bahagia. Itulah yang dirasakan keluarga besar TPQ Baitul Falah, Lingkungan Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kini mereka bisa bernafas lega. Kenapa?. Karena kondisi atap bangunan TPQ yang sudah lapuk tak lagi menjadi beban pikiran mereka. Yang artinya, para santri bisa menjalankan aktivitas ngaji dengan lebih tenang dan nyaman. Tentunya, para wali santri pun ikut senang.

Ya, kebahagiaan keluarga besar TPQ Baitul Falah tersebut berkat adanya bantuan dari PT Merdeka Cooper Gold Tbk, induk perusahaan PT Bumi Suksesindo (PT BSI).

“Alhamdulillah, kami senang sekali TPQ kami bisa diberi bantuan renovasi bangunan,” ucap Basar, Selasa (14/6/2022).

Basar adalah suami dari Nuriyah, pengasuh TPQ Baitul Falah. Dia mengaku sangat bahagia. Karena sebelum direnovasi, atap bangunan tempat mengaji tersebut rawan roboh. Alias sangat membahayakan para santri.

“Santri kami jumlahnya 100 an anak. Semua ikut senang, saat ini renovasi sudah mencapai 70 persen,” ungkapnya.

Dijelaskan, selain bagian atap bangunan yang dirombak. Dinding tembok 4 kelas TPQ Baitul Falah juga dibuat makin tinggi, sehingga sirkulasi udara lebih sejuk.

“Harapan kami, selain renovasi, TPQ kami juga bisa dibantu bangku dan kursi, agar para santri bisa mengaji dengan lebih nyaman,” cetus pria yang akrab disapa Mbah Basar tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Dusun Pancer, Jafar, mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan renovasi bangunan TPQ Baitul Falah. Menurutnya, kondisi atap bangunan memang sudah tidak layak.

“Kondisi TPQ itu cukup darurat. Santrinya banyak, tapi gedungnya kurang mumpuni,” katanya.

Sebagai Kepala Dusun dan tokoh masyarakat, Jafar mengaku sangat mendukung upaya PT BSI melalui PT Merdeka Cooper Gold Tbk, dalam memberi manfaat kepada masyarakat.

“Harapannya, TPQ lain ikut diperhatikan. Termasuk fasilitas umum lainnya. Beberapa waktu lalu PT BSI melalui PT Merdeka Cooper Gold juga memberi bantuan Mushola,” ujarnya.

Sementara itu, Konsultan PT Merdeka Cooper Gold Tbk, Caesar Muhni Riza, mengaku akan terus berkoordinasi dengan masyarakat dan pemangku wilayah demi optimalisasi manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Disebutkan, untuk anggaran yang digelontorkan untuk biaya renovasi TPQ Baitul Falah, sebesar Rp 135 juta lebih.

“Sudah menjadi komitmen perusahaan, masyarakat sekitar perusahaan bagi kami adalah keluarga. Dan kehadiran perusahaan harus mampu memberi manfaat kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Selain untuk TPQ Baitul Falah, bantuan CSR PT BSI melalui PT Merdeka Cooper Gold Tbk, juga terus disalurkan sesuai dengan kepentingan masyarakat. Bukan hanya dalam bidang infrastuktur, tapi juga pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. (*)

Penulis: Joko PrasetyoEditor: HWI
  • Bagikan