Balawangi Kecam Vidio Viral Pria Pengrusak Sesaji Situs Kawitan Alas Purwo Banyuwang

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI – Pembela Adat dan Budaya Banyuwangi (Balawangi) mengecam aksi seorang pria yang membanting sesajen di Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

Seperti diketahui jagad Media Sosial (Medsos) telah dihebohkan dengan beredarnya vidio seorang pria yang membanting – banting dan membuang sesaji dilokasi situs Kawitan, Alas Purwo.

Aksi pria yang viral di Medsos tersebut membuat Organisasi Masyarakat (Ormas) Balawangi reaksi. Ya, Ormas Balawangi yang bermarkas di Kecamatan Gambiran, Banyuwangi mengecam keras aksi pria didalam vidio viral tersebut.

Aksi pria dalam Vidio tersebut dinilai intoleran dan mengancam keberagamaan yang ada di Bumi Blambangan. Akibatnya, Ormas yang memiliki ratusan anggota dan simpatisan tersebut berencana akan segera melaporkan tingkah laku pengrusakan sesaji ke Mapolresta Banyuwangi.

Kepada wartawan Agus Setiawan, Ketua Balawangi menyebut jika tindakan tersebut dinilai tidak menghargai warisan leluhur yang berada di pulau jawa ujung timur.

“Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Banyuwangi harus tetap terjaga dan terbangun selama-lamanya,”ucap Agus. Rabu, (23/3/2022).

Menurut Ketua Balawangi tersebut, tindakan pria membanting-banting  dan membuang sesaji di situs ‘Kawitan’ Alas Purwo tersebut dinilai merusak hubungan antar umat beragama dan kedamaian yang selama ini sangat harmonis di Kabupaten Banyuwangi.

“Kami berharap agar pihak aparat penegak hukum serius dalam menangani permasalahan ini, proses hukum pun tentu harus di utamakan agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” pungkas Agus Setiawan.(*)

Penulis: Abdul HarisEditor: Joko P
  • Bagikan