oleh

Warga & LMDH Desa Sumberejo Situbondo, Ingin Jadikan Sumber Air Karanang Sebagai Wisata Alam

BERITA9, SITUBONDO – Sumber Air Karanang, yang terletak di Dusun Ledduk, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, kembali dibanjiri pengunjung. 

Selain airnya bermanfaat bagi warga sekitar untuk dikonsumsi, Konon kabarnya sumber air yang keluar dari celah batu tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Diketahui Sumber Air Karang tidak pernah mati dan surut airnya meski musim kemarau panjang. Pengunjung yang datang tidak hanya wilayah Situbondo, namun pengunjung luar daerahpun memadati lokasi Sumber Air Karanang.

Baca Juga : Kader Partai Politik Militan Kalah Bersaing Dengan Kader Karbit

Kabarnya lagi, pada lima tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2015 lalu, tempat itu sempat viral, banyak warga berkunjung baik dari dalam dan luar kota. Adapun lokasinya tepat dibibir jurang, sehingga membuat tempat itu menjadi sejuk dengan pesona alam berlatar belakang Gunung Baluran dan gunung ijen.

Sepanjang jalan menuju lokasi Sumber Air Karanang, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan dari pintu masuk, diantaranya  wisata religi, pemandangan alam, fasilitas dan situs-situs bersejarah.

Dimotori oleh Sukril Jamil, warga setempat melakukan penanaman ratusan pohon Trembesi disekitar Sumber Air Karanang, tujuanya adalah agat tempat itu menjadi indah sehingga kedepan bisa menjadi tempat wisata yang dikenal orang.

Baca Juga : Jelang Pilkada, Humas Polres Situbondo Sosialisasi Satgas Manajemen Media

Penanaman ratusan pohon juga bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Dekat Hutan (LMDH) Sumber Jaya, Perhutani, Pertanian dan instansi lainya.

Mereka berharap agar Masyarakat ikut menjaga dan melestarikan lingkungan agar Sumber Air Karanang tetap banyak pengunjung, karena Sumber Air Karanang adalah tempat wisata alam satu satunya di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo,” kata Syukril Jamil  Jumat (28/2/2020).

Selain melakukan penanaman ratusan pohon trembesi, LMDH Sumber Jaya dan Perhutani juga melakukan sosialisasi pengelolaan lahan perhutanan. Khususnya bagi warga yang kurang mampu. Diharapkan semua anggota LMDH bisa menggunakan lahan yang telah dibagikan oleh LMDH dan Perhutani dengan sebaik – baiknya.

Baca Juga : Polres Situbondo Amankan 113 Botol Miras Di Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih

Sementara Kepala Desa Sumberejo Izzul Kholid, sangat mendukung dengan upaya yang dilakukan pemuda dan masyarakat serta kehutanan. Menurutnya ini merupakan suatu tujuan yang baik demi kemajuan bersama.

“Mewakili Pemerintah Desa (Pemdes) kami ucapkan terima kasih kepada Pemuda, LMDH, Perhutani, dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk menjadikan lokasi Sumber Air Karanang menjadi tempat wisata satu satunya di Kecamatan Banyuputih,” Paparnya. (red)

Laporan: Sutikno

loading...

News Feed