oleh

Warga Desa Sumberejo, Situbondo Belum Bisa Nikmati Manfaat Proyek Solar Cell

BERITA9, SITUBONDO – Masyarakat Dusun Ledduk dan Lessong, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, belum bisa merasakan sepenuhnya air bersih.

Pembangunan Solar Cell di Dusun Ledduk, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, yang sebelumnya lokasi Proyek Pengembangan Air Tanah (P2AT) yang tidak berfungsi lantaran mesin hilang, saat ini beralih fungsi menjadi solar cell.

Baca Juga : Proyek Pamsimas III & KKM Tahun 2018 Desa Sumberejo Banyuputih Mangkrak

Dari tenaga mesin menjadi tenaga matahari. Keberadaan proyek tersebut bertujuan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat tentang air bersih dan juga irigasi.

Namun sayang proyek solar cell yang pembangunanya menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2019 yang menghabiskan dana sekitar 350 juta itu, dinilai gagal. Kenapa gagal, karena masyarakat sekitar masih menggunakan air sumur. Tidak hanya itu saja warga masih memanfaatkan aliran Sungai Sampean Baru, untuk mengaliri lahan pertanian.

Baca Juga : Warga Kembiritan Menjerit, Biaya PTSL Diduga Melambung

Kepada Wartawan Marsuno salah satu warga Lessong mengaku, tandon yang sebelumnya sudah ada, dan belum pernah terisi oleh air dari solar cell. Kabarnya proyek Solar Cell yang dibangun menggunakan DD tersebut, dicanangkan akan menyuplai air bersih di Dusun Lessong dan sekitarnya. Termasuk mengisi tandon Pamsimas.

“Kalau tandon ini sudah dibangun sejak ada P2AT dulu, katanya mau diisi dari tenaga matahari sampai sekarang belum dilakukan,”katanya. Selasa (17/3/2020).

Baca Juga : Mancing Ikan, Sanusi Wafat di Keramba

Sementara Kapala Desa (Kades) Sumberejo Izzul Kholid. S.sos. saat dikonfirmasi diruangannya, mengatakan,” Pembangunan proyek itu sumber dananya dari DD tahun 2019, adapun jumlahnya sebesar Rp 350 juta, dan sejauh ini sudah selesai atau belum. 

“Sudah selesai atau belum kita belum tau, yang jelas kami akan berupaya untuk melanjutkan agar kebutuhan air dengan adanya proyek tersebut, masyarakat bisa terpenuhi,” kata Kepala Desa Sumberejo (Red)


Laporan: Sutikno

loading...

News Feed