oleh

Tidak Hanya Pemda & Mapolresta, Kodim Banyuwangi Juga Jadi Tempat Curhat Puluhan Warga Pancer

BERITA9, BANYUWANGI – Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi, Lekol Inf Yuli Eko Purwanto, menjelaskan bahwa tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) adalah Objek Vital Nasional (Obvitnas).

Hal tersebut disampaikan saat Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menerima kedatangan puluhan warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. “Artinya juga mengantongi izin, keamanan juga dalam pengawasan Polda Jatim,” ucapnya, pada Selasa (18/2/2020).

Kedatangan warga yang didominasi kaum nelayan Pancer di Kodim Bumi Blambangan, untuk menyampaikan keluh kesah terkait kondisi ancaman rusaknya kerukunan antar warga.

Baca Juga : Sering Dibully Puluhan Warga Pancer, Curhat ke Kapolresta Banyuwangi

Dimana kalangan masyarakat netral dan pro, mengaku sering mendapat perlakuan kurang pantas dari kelompok anti tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI).

Diceritakan, mereka yang kebanyakan bekerja pada program CSR maupun proyek Geolistrik PT BSI di Gunung Salakan, juga mengaku kerap dihalang-halangi. Bahkan disebut ada yang sempat mendapat perlakuan kasar dari kelompok tolak tambang.

Namun demi menjaga tali persaudaraan, warga netral dan pro PT BSI memilih mengalah. Itu dilakukan karena mereka menduga ada pihak luar dibelakang kelompok kontra.

Baca Juga : DLH Bersama Pemdes Sumberanyar Bersihkan Sampah Di Pantai Mimbo Situbondo

“Kita menampung aspirasi warga dan akan kita sampaikan ke pemerintah daerah. Warga berharap Dusun Pancer tetap aman dan kondusif,” katanya.

Tentang adanya bullying dan aksi kekerasan, jika ada bukti, Dandim Yuli mengimbau warga untuk tak segan melaporkan kepada pihak kepolisian.

Dalam kesempatan ini, warga juga menyampaikan bahwa mereka telah melakukan klarifikasi serta aduan kepada Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, terkait kejadian yang mereka alami. Sebagai bukti, salinan surat klarifikasi dan aduan diserahkan kepada Dandim Banyuwangi. 

Baca Juga : Balawangi & Pemuda Banyuwangi Terpanggil Melihat Kondisi Warga Pancer

“Kami senang bisa mengungkapkan keluh kesah, kami sangat berharap tidak ada lagi pihak luar ditengah masyarakat Pancer,” kata koordinator massa, H Ahmad Wiaji.

Sebelum pamitan, warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, bersama Dandim Banyuwangi, foto bersama sambil membentangkan spanduk dukungan terhadap investasi tambang emas PT BSI. (red)

Laporan: Joko P

loading...

News Feed