oleh

Puskesmas di Karawang Akui Buang Limbah Medis Sembarangan

BERITA9, KARAWANG – Puskesmas Kecamatan Rengasengklok, Kab Karawang, diduga melakukan pencemaran lingkungan dengan membuang sampah sisa limbah medis secara serampangan.

Dari pantauan sejumlah media dilapangan, nampak terlihat sisa limbah medis berupa limbah infeksius, jarum suntik, selang infus, perban dan beberapa jenis limbah lainnya.

Baca Juga : Warga Terdampak Limbah Pabrik IGG di Banyuwangi, Mulai Terserang Penyakit

Sampah medis tersebut tidak dikelola dengan baik atau setidaknya dikemas dalam tempat tertutup dan dibuang pada tempat khusus juga. Namun, pihak Puskesmas malah membakar limbah medis tersebut dibelakang ruang rawat inap pasien. Akibatnya, asap limbah masuk kedalam ruang perawatan dan mengganggu pasien.

Kepala Puskesmas Siti Yulyana saat dimintai konfirmasinya tidak berada diruang kerjanya, namun melalui Kasubag Tata Usaha, Heryansyah membenarkan bahwa pihaknya membuang sampah bekas medis ke halaman belakang ruang rawat inap dan membakarnya.

Baca Juga : Limbah PT. IGG Bikin Sengsara Warga se Kecamatan Glenmore Banyuwangi

“Saya dapat informasi dari kesling bahwa ada sampah medis di tempat sampah,” katanya.

Heryansyah mengakui, pihaknya kesulitan dalam mengkontrol pembuangan limbah sisa medis dikarenakan keterbatasan personil dan tupoksi jabatannya tidak mengurusi sampah itu.

Baca Juga : Warga Glenmore Bersiap Demo Akbar Terkait Limbah IGG

“Tugas saya numpuk banget, tapi saga akan coba koordinasi dengan yang lain supaya sampah itu bisa selesai,” ujarnya. (red)

loading...

News Feed