Politisi Partai Berkarya Desak Polisi Ungkap Dalang Kebakaran di Lereng Gunung Panderman

  • Bagikan
Agus Kuswanto Politisi Partai Berkarya Jawa Timur (foto dok pribadi)

BERITA9, BATU – Politisi Partai Berkarya Agus Kuswanto mendesak polisi segera mengungkap dalang terjadinya kebakaran lahan di lereng Gunung Panderman.  Jika tidak segera ditangkap, maka kebakaran akan terus terjadi setiap saat.

“Saya yakin polisi mampu mengungkap siapa pelaku pembakaran hutan itu,” ujar Agus Kuswanto atau biasa disapa Antok kepada BERITA9 di Malang, Jum’at (28/9/2018).

Diketahui lahan seluas 15 hektar di lereng Gunung Panderman Kota Batu terbakar, Kamis (27/9/2018). Kebakaran itu diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, untuk membuka lahan pertanian.

Dugaan itu dikuatkan dengan penemuan sejumlah batang korek api dilokasi kejadian.

“Dugaan ini karena ulah masyarakat sekitar yang memang sengaja membakar lahan untuk membuka lahan pertanian. Karena di sini banyak rerumputan kering,” ujar Tri Agus Susilo anggota Polisi Hutan Perhutani, Kamis (27/9/2018).

Guna memadamkan si jago merah yang tersebar di 9 titik lokasi kebakaran, setidaknya ada 40 petugas gabungan dari Perhutani, kepolisian, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Kebakaran ini melanda petak 219A dan 219B di sebelah barat TPA Tlekung, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Petugas sempat kesulitan saat memadamkan api karena kondisi yang jauh dari mata air, sehingga mereka menggunakan gopyok atau ilalang untuk memadamkan.

“Ditambah saat itu angin kencang dan jauh dari sumber air. Untuk memadamkan tim menggunakan ranting pohon dan membuat sekat agar api tidak menjalar ke tempat lainnya,” katanya.

Setidaknya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB.  Sulistyo warga sekitar mengungkapkan apabila jika musim kemarau memang banyak warga yang memanfaatkan lahan kering untuk dibakar.

“Saya nggak tahu siapa, cuma pas musim kemarau seperti ini biasanya memang ada yang membakar lahan. Tapi biasanya ditungguin, jadi nggak sampai melebar,” tuturnya. (red)

Laporan Biro Malang : Yusaeni

  • Bagikan