Pengamat: Hadi & Zulhas Diprediksi Masuk Kabinet

  • Bagikan
Ilustrasi reshuffle. (Grafis dok BERITA9)

BERITA9, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memberi kabar perihal reshuffle kabinet yang akan terjadi tidak lama lagi. Kabar tersebut, sudah santer dibicarakan sejak beberapa waktu lalu.

Jika benar terjadi, maka ia memperkirakan nama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan akan masuk kedalam jajaran kabinet Jokowi-Ma’ruf. Sejumlah posisi yang diisi kementerian profesional akan diisi keduanya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang sebentar lagi pensiun dan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dikabarkan bakal masuk ke dalam kabinet. Informasinya, Presiden Jokowi bakal merombak alias reshuffle dalam waktu dekat.

Baca Juga:

Prediksi Pengamat Nama Pengganti Mahfud MD dan Hadi Tjahjanto

“Banyak ya kalau Pak Hadi dan Zulhas masuk. Yang pasti yang akan dikorbankan adalah menteri-menteri yang dari profesional,” kata pria yang akrab disapa Hensat saat dihubungi, Kamis (11/11/2021).

Hendri memprediksi Hadi dan Zulhas akan menggeser kedudukan menteri yang diisi dari kalangan partai politik. “Kalau pun yang diambil posisi dari pos partai politik nanti ya ditukar aja,” ujarnya

Jika tidak menggeser posisi menteri dari partai politik, kementerian dari kalangan profesional tidak akan luput dari pergeseran.

Baca Juga:

Ada beberapa kementerian yang bakalan diisi Zulhas dan Hadi yang saat ini diisi dari kalangan profesional. Diantaranya, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan beberapa kementerian lainnya.

“Profesional kita lihat sekarang ada UKM Koperasi, Perhubungan, KKP, ESDM, keuangan dan lain-lain. Nah, itu bisa jadi akan menjadi tempatnya Zulhas dan Pak Hadi,” ungkap Hendri.

Hendri berkira-kira, Presiden Jokowi bakalan merombak kabinet tidak terbatas hanya dua, tapi kemungkinan akan ada nama-nama lainnya yang justru tidak diduga-duga masuk ke kabinet.

Baca Juga:

“Menurut saya tentu itu akan diikuti oleh beberapa kebijakan-kebijakan lain oleh pak Jokowi, bisa saja bukan hanya dua orang itu yang masuk kabinet, tapi mungkin ada beberapa nama lain yang bisa masuk kabinet yang kita selama ini tidak duga-duga,” tandasnya. (*)

  • Bagikan