Peneliti: Firli Bahuri Layak Dijadikan Capres 2024

  • Bagikan
Firli Bahuri

BERITA9, JAKARTA – Direktur Dimensi Research and consulting, Imam Darmadi mengungkapkan sosok Firli Bahuri layak dipertimbangkan jadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 nanti. Pertimbangannya, karena makin deras arus dukungan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Imam Darmadi mengklaim, dukungan terhadap Firli datang dari sejumlah elemen masyarakat dari berbagai daerah. Mulai dari kelompok tani, nelayan, pegiat UMKM, kaum milenial, hingga kalangan pelajar dan santri.

“Saya kira layak dipertimbangkan. Bisa menjadi salah satu opsi di luar nama-nama yang sudah lama beredar,” kata Imam Darmadi, Senin (7/3/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, latar belakang Firli sebagai penegak hukum dan Ketua KPK punya daya tawar tersendiri. Ia akan jadi pembeda dari nama-nama yang sering disebut dalam survei yang berasal dari elite partai, pejabat eksekutif atau kepala daerah.

“Tentu semua perlu diuji. Jika dukungan itu terus meluas, tak terbendung, sangat mungkin masuk radar partai politik,” tegasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua KPK Firli Bahuri enggan berkomentar lebih jauh. Ia hanya menegaskan bahwa saat ini dirinya ingin fokus pada tugas pemberantasan korupsi.

“Mohon jangan ganggu saya dengan wacana capres. Saya hanya ingin fokus mengabdi, menyelesaikan tugas saya sebagai Ketua KPK,” pintanya.

Jawaban Firli tampak konsisten dengan pernyataan sebelumnya. Saat bermunculan suara yang memintanya maju Pilpres 2024, ia justru minta masyarakat tidak menyeret namanya ke dalam isu pilpres. Terlebih masalah pencalonan merupakan ranah partai politik.

“Firli Bahuri bukan politisi. Dia hanya kerja untuk membebaskan NKRI dari praktik korupsi,” tegas Firli seperti diberitakan beberapa waktu lalu.

Alih-alih berupaya memperluas dukungan, Firli merasa dirinya hanya orang kampung yang tidak paham politik praktis.

Seperti diberitakan, gelombang dukungan terhadap Firli terus mengalir. Yang terbaru, deklarasi dukungan dinyatakan oleh Serikat Petani Depok dan kelompok masyarakat wilayah Pantai Utara Subang-Indramayu.

Mereka menilai Firli sosok yang tegas, berintegritas, berani, serta tegak lurus dalam kerja pemberantasan korupsi.

Firli juga dinilai berhasil menjalankan perannya sebagai orkestrator yang mengoordinasi lembaga hukum dan pemerintah dalam upaya mengendalikan dan memerangi korupsi. (*)

  • Bagikan