oleh

Pelaku Wisata Di Banyuwangi Menerima Bantuan 1.576 Dari Kemenpar

BERITA9, BANYUWANGI – Sebanyak 1.576 pelaku wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI. Secara serentak Polresta Banyuwangi mendistribusikan paket bingkisan bantuan itu.

“Kami hanya mendapatkan amanat untuk membagikan paket bingkisan dari Kementrian Pariwisata RI kepada pelaku wisata di Banyuwangi,” kata Waka Polresta Banyuwangi, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, setelah memimpin pemberangkatan kendaraan yang mengangkut bingkisan dari Kemenpar, pada Jum’at (29/5/2020).

Diketahui, bantuan ini langsung didistribusikan kepada para penerima yang tersebar di 25 Kecamatan di Banyuwangi. Adapun pembagiannya, dilakukan secara seremonial dengan diwakili oleh pelaku wisata. Dan sisanya, Polsek jajaran di bawah naungan Polresta Banyuwangi akan membagikan langsung door to door kepada pelaku wisata. 

Adapun bingkisannya berupa bahan pokok dan kue lebaran. Menurut Kusumo, ini memang tak sebanding dengan jumlah pelaku wisata di Banyuwangi. Namun, untuk selanjutnya, bantuan untuk pelaku wisata yang lain akan ditunjang oleh bantuan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemkab Banyuwangi. 

“Nanti akan ditambah oleh Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi. Sementara ini yang kita distribusikan,” ujarnya, saat pembagian dilakukan di Gedung Bhayangkari di Jalan Letkol Istiqlah, pada Kamis (28/5/2020) kemarin.

Pembagian ini, lanjutnya, akan dilakukan secara door to door langsung ke penerima bantuan. Para penerima bantuan sudah terdata dengan baik, sesuai dengan yang diusulkan beberapa minggu ini. 

“Kita lakukan door to door ya. Tetap menetapkan protap kesehatan Covid -19. Tetap melakukan physical dan social distancing,” jelasnya.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda mengaku berterima kasih kepada Kemenpar dan Polri, yang telah memberikan dan mendistribusikan bantuan kepada pelaku wisata di Banyuwangi. 

“Kami berterima kasih kepada Kemenpar yang telah memberikan bantuan kepada para pelaku wisata. Dengan pendistribusian dari Polri kita harap sesuai dengan sasaran. Memang belum separuh jumlah pelaku wisata, tapi nantinya ada bantuan lagi dari Pemprov dan Pemkab Banyuwangi,” cetusnya.

Bantuan untuk pelaku wisata, kata Bramuda, merupakan bantuan tahap kedua setelah bantuan untuk warga miskin. Sehingga pendistribusian dilakukan setelah Lebaran. 

“Memang ini bantuan tahap kedua. Tidak terlambat sebetulnya. Hanya saja pembagian setelah lebaran,” pungkasnya.(red)

Laporan: Ahmad Sahroni

loading...

News Feed