Jepang Rilis Peningkatan Terorisme di Indonesia dan 5 Negara

  • Bagikan
Penangkapan teroris (Foto: dok BERITA9)

BERITA9, JAKARTA –  Kementerian Luar Negeri Jepang mengaku mendapat informasi akan “ada peningkatan resiko ancaman terror bunuh diri” di enam Negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Untuk itu Jepang mendesak warganya berhati-hati soal potensi ancaman teror di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya.

Negeri Matahari Terbit itu lalu meminta warganya yang berada di enam negara itu untuk menjauh dari fasilitas keagamaan yang dianggap mereka berisiko tinggi menjadi target serangan teror.

Pemerintahan Perdana Menteri Yoshihide Suga juga meminta warga Jepang memperhatikan berita dan informasi media lokal di enam negara tersebut.

Baca Juga : Indonesia Gelontorkan Puluhan Milyar Buat Afghanistan

Namun, Kemlu Jepang tak memberikan rincian waktu tertentu dan detail lainnya soal ancaman teror itu. Tokyo pun menolak membeberkan sumber informasi ancaman teror tersebut.

Imbauan Jepang pun menimbulkan kebingungan pada enam negara Asia Tenggara tersebut. Beberapa negara mengaku tidak mengetahui ancaman teror semacam itu. Mereka juga mengaku tak menerima informasi apa pun dari Jepang soal potensi ancaman teror tersebut.

Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, membantah bahwa ada peringatan ancaman teror semacam itu.

Faizasyah juga menepis kabar bahwa warga Jepang di Indonesia telah mendapat peringatan semacam itu.

Juru bicara Kemlu Thailand, Tanee Sangrat, mengatakan Jepang belum mengungkapkan asal usul peringatan tersebut.

Baca Juga : Indonesia Minta Rejim Taliban di Afghanistan Tak Jadi Sarang Teroris

Tanee menuturkan, bahwa Kedutaan Besar Jepang di Bangkok juga tidak memiliki rincian lebih lanjut terkait peringatan teror tersebut. Dikutip Associated Press, ia menuturkan Kedubes Jepang hanya mengatakan bahawa potensi teror itu “tidak khusus untuk Thailand” saja.

Wakil juru bicara Kepolisian Thailand, Kissana Pathanacharoen, mengatakan aparat keamanan juga tidak memiliki informasi terkait potensi ancaman teror yang dimaksud Jepang.

Senada dengan Thailand, Malaysia dan Filipina juga mengatakan tidak tahu terkait informasi ancaman serangan teror yang meningkat. (red)

loading...
  • Bagikan