Ini Lho Deretan Kendaraan Punya Anies Baswedan

  • Bagikan
Anies Baswedan diatas kendaraan Formula E (Foto dok BERITA9)

BERITA9, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memasuki tahun keempat masa kepemimpinannya pada Sabtu, 16 Oktober 2021 kemarin. Tak terasa, tersisa satu tahun lagi ia menduduki jabatan manis kursi Gubernur DKI Jakarta.

Menjadi sebuah kewajiban setiap pejabat negara, melaporkan hartanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setiap setahun sekali.

Semua itu tertuang dalam Peraturan KPK Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 07 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

Baca Juga: Bupati Bogor ke Anies : Emang Gue Avatar Bisa Kendaliin Air

Nah, salah satu pejabat negara yang wajib melaporkan hartanya adalah Anies Baswedan. Dalam catatan, dia memiliki sejumlah mobil dan sepeda motor yang layak disimak.

Berdasarkan data LHKPN, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tercatat memiliki kendaraan yang terdiri dari 2 mobil dan 2 sepeda motor.

Anies dilaporkan memiliki harta kekayaan Rp 10.915.550.262. Dari total kekayaannya tersebut, harta berupa alat transportasi senilai Rp 648 juta.

Baca Juga :

Berikut rincian kendaraan yang dimiliki Anies Baswedan :

1. Mazda2 Tahun 2013 senilai Rp 98 juta
2. Honda Odyssey Tahun 2016 senilai Rp 450 juta
3. Vespa Sprint Tahun 1968 (hibah tanpa akta) senilai Rp 50 juta
4. Kawasaki EX250V Tahun 2018 senilai Rp 50 juta.

Di sisi lain, para pakar menyebut selama ini tidak ada kerja Anies Baswedan yang menonjol. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan Anies Baswedan dinilai lebih banyak memberikan janji politik yang tidak terlaksana.

“Dulu orang berharap saat Anies jadi Gubernur soal banjir itu selesai atau minimal diseriusi, tapi enggak juga. Soal normalisasi atau naturalisasi sungai, tidak dilakukan,” kata Adi soal kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Jumat, (15/10/2021).

  • Bagikan