DPD RI : Ayo Datang ke Nias

  • Bagikan
Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba saat meninjau PLTG Idanoi di Kota Gunungsitoli, Sumut (foto frans/BERITA9)

BERITA9, GUNUNGSITOLI – Ketua  Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Utara Perlindungan Purba meninjau kawasan area pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Idanoi di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Selasa (11/4) siang. 

Kedatangan Perlindungan guna memastikan dan melihat kehandalan kelistrikan yang ada di Nias. Pembangkit listrik 25 Mega Watt (MW) yang diresmikan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo, telah selesai dan sudah bisa beroperasi.

“Jadi saya ingin melihat bagaimana  hasilnya, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, ” ucap Parlindungan. Menurut Purba ketersediaan pasokan listrik di Pulau Nias sebesar 43 MW sementara kebutuhan hanya 25 MW.  

“Berarti ada kelebihan, tapi kok masih sering terjadi pemadaman dan ini menjadi pertanyaan, kok bisa,” imbuhnya. 

Lebih lanjut dikatakan Parlindungan, sering padamnya lampu di Pulau Nias akibat kurangnya pemahaman masyarakat, untuk peduli soal pemeliharaan jaringan. 

“Kami dari DPD-RI bersama dengan PLN mencoba meyakinkan masyarakat bagaimana masyarakat peduli tentang jaringan, penghematan listrik dan kami juga memahami bahwa masih banyak tagihan masyarakat kepada PLN. Tapi jangan disalahkan semua PLN atau masyarakat, karena walaupun lampu padam, toh masyarakat tetap membayar juga, ” imbuhnya. 

Dia berharap dengan sudah beroperasi PLTG Idanoi, Parlindungan mengajak investor dan pengusaha untuk berinvestasi ke Nias. “Kita memulai sesuatu yang baru, listrik sudah ada dan saya ingin di Nias ada industri, maka dengan ini saya akan bilang pada investor, kepada pengusaha ayo datang ke Nias,” ajaknya. (red)

Laporan Biro Nias , Frans Lature

  • Bagikan