Datang Ke IGG, Menteri BUMN Berikan Bantuan Benih Tebu Unggul

  • Bagikan

BERITA9, BANYUWANGI  – Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir di Industri Gula Glenmore (IGG), Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Sabtu (18/9/2021) siang  membawa  berkah harapan bagi petani tebu Banyuwangi. Pasalnya, Menteri BUMN memberikan bantuan bibit tebu unggul yang sangat menguntungkan bagi petani tebu.

Erick Thohir didampingi mantan Bupati Banyuwangi periode 2010-2015, 2015-2020, Abdullah Azwar Anas serta rombongan Kementerian BUMN di IGG melakukan penanaman bibit tebu unggul secara mekanik.

“Untuk tahun ini baru sebagian petani tebu Banyuwangi yang mendapat bantuan bibit tebu unggul , dan pada tahun mendatang seluruh petani tebu akan mendapat bantuan semua,” kata Erick Thohir.

Menurutnya, tebu yang ditanam oleh petani yang di suplai ke pabrik gula kwalitasnya tidak standar. Dengan adanya bantuan bibit tebu unggul ini akan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saat ini direksi PTPN terus melakukan riset bibit tebu. Dengan bibit tebu yang baik ini akan mensejahterakan petani tebu,” ujarnya.

Menteri BUMN menegaskan, dengan jajaran direksi baru ini sudah tidak ada lagi permainan rendemen. Jika sebelumnya ada yang bermain rendemen di bawah 8 persen untuk saat ini sudah tidak ada lagi. 

“Rendemen minimal diatas 8 persen, jangan ada lagi permainan di rendemen. Dulu, rendemen itu ada 4 – 5 persen untuk saat ini sudah tidak ada lagi, harus diatas 8 persen,” tegasnya.

Dia mengungkapkan saat ini keuangan di PTPN sangat baik, dan akan terus melakukan riset. Sebagai bukti bibit tebu unggulan hasil riset yang ditanam di Banyuwangi sebuah bukti nyata keberhasilan PTPN..

“Bibit tebu unggul ini perhektarnya mampu mencapai 177 ton gula, dan ini sebagai bukti,” paparnya.

Dihadapan dua perwakilan petani tebu, dan jajaran direksi PTPN, Menteri BUMN berharap selain memberikan bibit tebu unggul juga memberikan bantuan pupuk. Sehingga tanaman tebu mampu tumbuh dengan baik, dan sesuai dengan harapan petani.

“Selain membuat bibit tebu unggul, direksi PTPN juga membuat pupuk, agar tebu bisa tumbuh dengan baik, dan sesuai dengan harapan,” tandasnya.

Usai melakukan tanam bibit tebu unggul, menteri BMUN beserta rombongan menuju Pabrik Industri Gula Glenmore untuk melihat langsung proses pembuatan gula.(*)

Reporter: I Putu Manik.

loading...
  • Bagikan