Dapat Teguran MUI Pusat, Pemkab & MUI Banyuwangi Resmi Tutup Tempat Hiburan Malam

  • Bagikan
Keterangan foto: Kutipan surat edaran bersama sekretaris daerah Kabupaten Banyuwangi. (Istimewa).

BERITA9, BANYUWANGI  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Banyuwangi akhirnya menutup tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan.

Penutupan tempat hiburan malam ini dilakukan Pemkab Banyuwangi bersama MUI setempat setelah mendapat teguran dari MUI Pusat.

Ketua MUI Pusat Dr KH Sodikun mendesak Pemkab Banyuwangi untuk mencabut aturan tempat hiburan malam boleh buka selama Ramadhan 2022.

Aturan tersebut dinilai telah melukai perasaan umat Islam yang sedang khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Aturan konyol dan melanggar etika serta norma beragama. Harusnya ditutup total, tidak boleh ada dispensasi,” ungkap KH Sodikun dalam keterangan persnya, Senin April 2022.

Atas teguran MUI pusat tersebut selanjutnya, Pemkab Banyuwangi dan MUI setempat melakukan pertemuan untuk membahas teguran dari Ketua MUI Pusat Dr KH Sodikun.

Akhirnya, Pemkab Banyuwangi dan MUI setempat resmi merubah poin kedua pada SE Bersama Sekda dan MUI Banyuwangi No.23/DP MUI/kab.BWI/IV/2022 tertanggal 7 April 2022 yang berbunyi memperbolehkan hiburan malam buka pukul 20.00 – 23.00 WIB selama Ramadhan.

Perubahan itu tertuang dalam SE Bersama Sekda dan MUI Banyuwangi No.24/DP MUI/kab.BWI/IV/2022 tertanggal 18 April 2022.

Isi perubahan poin kedua itu menegaskan bahwa seluruh tempat hiburan malam, meliputi karaoke, bar, klub malam, diskotik, panti pijat, spa diwajibkan menutup usahanya selama Ramadhan 1443 H.

Khusus untuk bioskop, Pemkab dan MUI Banyuwangi setempat masih mengijinkan beroperasi di jam khusus yang tak mengganggu salat tarawih.

MUI dan Pemkab Banyuwangi melarang bioskop memutar film mulai pukul 17.30 – 20.00 WIB agar tidak menggangu Salat Maghrib dan Tarawih.

 Selain jam itu masih diperkenankan untuk beroperasi. Aturan ini diteken oleh Sekda Banyuwangi Mujiono dan Ketua MUI KH Mohammad Yamien Lc.

Perubahan aturan tentang operasi tempat hiburan malam selama Ramadhan itu ditegaskan Sekda Banyuwangi Mujiono pada Senin 18 April 2022.

“Setelah mendapat masukan dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani akan dievaluasi hari ini,” terang Mujiono, Senin 18 April 2022 lalu, seperti dikutib dari adatah.com.(*)

  • Bagikan