oleh

Leang Londrong, Salah Satu Pilihan Obyek Wisata di Pangkep

BERITA9, PANGKEP – Pangkajene Kepulauan (Pangkep) salah satu kabupaten dari sekian banyak kabupaten yang ada di Sulsel. Pangkep terkenal dengan gugusan pulau-pulaunya yang indah dengan penduduk sangat ramah.

Selain identik dengan pulau-pulau, daerah ini juga dikenal sebagai pusatnya wisata alam. Salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan berlibur penduduk sekitar dan juga penduduk dari luar Pangkep.

Leang Rondrong, tempat wisata alam yang terletak di Desa Panaikang Kecamatan Minasatene Pangkep, kurang lebih lima kilo meter dari jalan poros Makassar- Pangkep.

Obyek wisata alam yang tak pernah sepi pengunjug baik di hari kerja maupun di hari libur, tempat ini yang menyuguhkan keindahan alam, air jernih yang bersumber langsung dari mata air pengunungan

Di tempat ini pengunjung akan melihat keindahan alam yang sesunguhnya, gunung-gunung yang sangat tinggi berjejer dengan kokoh , seakan mata yang melihatnya tak ingin berkedip memandangnya.

Hembusan angin dan suara-suara dedaunan yang gemuruh, mewarnai perjalan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Keindahannya sudah terlihat saat sudah memasuki lingkungan permandian ini.

Dan saat sudah sampai, untuk masuk ke pusat keindahanya pengunjung diharuskan untuk membeli tiket masuk dengan mengeluakan uang sebanyak Rp3 ribu per orang.

Baca Juga :

Setelah pengunjung sudah membeli tiket, perjalanan bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki cukup jauh, untuk bisa melihat secara langsung tempat permandian ini.

Di lokasi ini pengunjung akan melihat bebatuan besar dan kecil, bebatuan ini adalah ciri khas dari tempat permandian ini

Pada tempat ini terdapat satu atau dua rumah-rumah kecil tanpa dinding yang biasa di jadikan tempat istirahat para wisatawan. Tetapi biasanya para wisatawan lain beristirahan di atas bebatuan.

Leang Londrong ini memiliki kolam yang tak terlalu luas, ukuran kolam yang sederhana dengan kedalam agak dangkal, dan di sekeliling kolam di hiasi dengan batu-batu yang seakan menjadi dinding di kolam.

Harus diperhatikan untuk pengunjung yang baru pertama kali ketempat wisata ini apalagi saat ingin menikmati airnya yang dingin karena didalam kolam ini terdapat banyak sekali kerikil yang cukup tajam dan dapat membuat kaki terluka.

Biasanya para pengunjung membawa bekal dari rumah untuk dimakan bersama-sama di tempat permandan ini

Leang londrong ini juga sering digunakan sebagai tempat sangat cocok untuk bakar-bakar ikan seperti ikan bandeng dan juga ikan-ikan laut yang lain

Di tempat ini terdapat beberapa penjual makanan dan minuman yang tak sepi dari pembeli, dan di sini juga para pengunjung memanfaatkan keidahan alam Leang Londrong dengan swafoto.

Tempat ini dengan keidahan alamnya yang menarik dan memikat cocok dan untuk berlibur bersama keluarga maupun orang-orang terdekat lainnya. (red)

Laporan : Yulfina Febriyanti

Mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros (UMMA)

loading...

News Feed